PT DAW Edukasi Komunitas Ojek Online Soal Keselamatan Berkendara

oleh -10 Dilihat
PT DAW sangat serius mengampanyekan keselamatan berkendara. Tampak salah satu komunitas ojek online saat diajarkan cara berkendara yang baik, yang digelar 2 Maret di Kantor PT DAW. (Foto:Ist)
PT DAW sangat serius mengampanyekan keselamatan berkendara. Tampak salah satu komunitas ojek online saat diajarkan cara berkendara yang baik, yang digelar 2 Maret di Kantor PT DAW. (Foto:Ist)

MANADO— PT Daya Adicipta Wisesa (DAW) selaku main dealer Sepeda Motor Honda dan suku cadang asli Sepeda Motor Honda wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara, terus mengampanyekan keselamatan berkendara. Kali ini, DAW  melakukan Safety Riding Training for Public Rider Grabbike Sulawesi Utara (Sulut) yang diikuti 45 peserta dari  komunitas Grab Army Sulut (GAS). Adapun, kegiatan tersebut digelar di Kantor PT DAW  yang beralamat Jalan Raya Manado-Bitung KM 10 Kalawat, Minahasa Utara. Public Relation PT DAW,  Meitries Kalalo mengatakan, selain fokus memasarkan sepeda motor Honda, pihaknya juga melakukan pemahaman keselamatan berkendara (safety riding). “Kami tidak hanya semata bergerak pada bisnis otomotif tapi kami juga peduli  keselamatan berkendara pada penguna sepeda motor,” jelas Kalalo, Minggu (4/3). Menurut dia, Honda sebagai pelopor keselamatan berkendara secara kontinyu mengkampanyekan keselamatan berkendara bagi masyarakat terlebih khusus pengguna sepeda motor.

Dalam kegiatan tersebut, sebelum dilatih cara berkendara yang baik, ke-45 peserta diberikan materi oleh instruktur safety riding. Selanjutnya, para peserta juga diuji kemampuan dalam menghentikan kendaraan secara stabil dalam jarak pendek melalui tes braking skill. Peserta juga diuji kemampuan  dalam menjaga keseimbangan dengan kecepatan tertentu diuji dalam uji narrow plank (kecepatan yang ekstra pelan dengan tetap menjaga postur berkendara), slalom pylon (keterampilan berkendara dan pengendalian setang kemudi menggunakan akselerasi yang benar), serta slalom course (keterampilan pengendaraan dan pengendalian setang kemudi dengan posisi berkendara yang benar).

Di samping itu, DAW juga menekankan perlengkapan keselamatan berkendara tidak hanya demi keselamatan, tetapi bisa menjadi bagian dari gaya hidup. Helm dan jaket tidak hanya akan membuat aman saat berkendara, tetapi juga dapat membuat  terlihat lebih menarik, keren, dan stylish. Astra Honda Motor (AHM) turut memperkuat kampanye keselamatan berkendara melalui tagline #Cari_Aman kepada para peserta. #Cari_Aman merupakan bentuk kampanye keselamatan berkendara yang diusung oleh AHM dalam upaya menyuguhkan perspektif baru bagi generasi muda untuk ikut berkontribusi dalam kampanye keselamatan berkendara di Indonesia. “Upaya ini diperkuat dengan kampanye terbaru dengan tagline #Cari_Aman. Melalui kampanye #Cari_Aman kami harap keselamatan berkendara dapat menjadi sebuah gerakan bersama secara nasional bagi seluruh generasi muda di Indonesia,” paparnya. Sementara itu, Ketua GAS Sulut, Muhammad Sadikin mengatakan, pada  safety riding training yang dilakukan DAW, pihaknya banyak mendapat pemahaman cara berkendara yang baik, utamanya dalam menjalankan tugas sebagai driver online. “Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk anggota Grab Bike karena kami dapat mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kecelakaan dan bagaimana cara berkendara yang baik dan benar,” jelasnya. (stenly sajow/cr)