Sriwijaya Air Bawa Ribuan Turis China ke Manado

oleh -30 Dilihat
Wisman dari Nan Ning China saat tiba di Manado yang menggunakan penerbangan carter dengan Sriwijaya Air, Rabu, 18/7/2018
Wisman dari Nan Ning, China saat tiba di Manado yang menggunakan penerbangan carter dengan Sriwijaya Air, Rabu, 18/7/2018.

MANADO – Maskapai penerbangan Sriwijaya Air kembali membawa wisatawan mancanegara (Wisman) asal China ke Manado. Diperkirakan hingga Agustus 2018, penerbangan carter ini akan membawa ribuan turis asal Negeri Tirai Bambu tersebut.

Sales Manager Sriwijaya Air Distrik Manado Steven Wijaya menerangkan, turis China yang datang di Manado didominasi kota-kota baru, yang belum pernah berkunjung ke Manado. “Rutenya memang dari kota baru yang kami bawa. Misalnya untuk penerbangan tadi pagi (Rabu,18/7) dari Nan Ning China ke Manado,” jelas Wijaya.

Adapun, wisman dari Nan Ning yang baru tiba di Manado Rabu, (18/7/2018) sekira 04.20 WITA, merupakan penerbangan perdana yang menggunakan Sriwijaya Air, dengan nomor penerbangan SJ-4031. Mereka berjumlah 186 orang. Turis yang datang ini dibagi dalam delapan kelompok.

Lanjut Wijaya, pihaknya bekerja sama dengan travel akan melakukan minimal dua penerbangan setiap minggunya. Artinya, dengan rata-rata penumpang berjumlah 180 orang, maka dalam sebulan penerbangan carter ini akan membawa ribuan orang.

“Untuk satu minggu bisa bawa sekitar 360 orang, jadi kalau dalam satu bulan akan membawa sekira 1.440 orang. Karena begini, kalau travel itu pasti dia jualan seat, karena itu dia akan upayakan dalam satu penerbangan semua kursinya terisi,” jelasnya.

Menurut dia, selama Bulan Juli ini, Sriwijaya Air akan melakukan empat penerbangan dari Nan Ning ke Manado. Kemudian akan dilanjutkan di Bulan Agustus, dengan membawa wisman dari kota Nan Ning dan Quanzhou.

Dikatakannya, pihaknya tidak akan berhenti disitu saja, akan tetapi jika permintaan konsumen dalam tren positif maka tidak menutup kemungkinan Sriwijaya Air akan membawa wisman dari kota-kota baru di China dari Manado.

General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado Minggus Gandeguai menerangkan, pihaknya sangat siap menyambut kedatangan wisman ke Manado. “Kami sangat siap menyambut penerbangan China ke Manado, kapanpun dia datang, karena bandara sudah beroperasi satu kali 24 jam,” jelasnya.

Sebab kata dia, pihaknya juga telah mempercantik dan meningkatkan pelayanan di terminal kedatangan internasional, sehingga hal ini akan memberikan kesan yang baik bagi turis yang datang.

Pihak bandara juga sudah menempatkan petugas bandara yang memiliki kompetensi untuk memberikan informasi pada wisman.

Seiring pertumbuhan pergerakan pesawat dan penumpang yang semakin tumbuh, Bandara Sam Ratulangi kian serius dalam meningkatkan pelayanan bandara. “Diantaranya adalah dengan melakukan perbaikan fasilitas di sisi udara, gedung terminal, hingga pelayanan jasa parkir kendaraan bagi pengantar maupun penjemput,” ujarnya. (stn)