Belum Ada Korban Erupsi Gunung Soputan di Sulawesi Utara

oleh -
Gunung Soputan saat memuntahkan lava pijar, Rabu (3/10/2018). (FOTO: Marcos Budiman)

JAKARTA- Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menegaskan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa erupsi Gunung Soputan di Sulawesi Utara.

“Status siaga (level 3). Tidak ada dampak korban jiwa dan kerusakan bangunan,” kata Sutopo di kantor BNPB, Rabu (3/10/2018).

Peristiwa tersebut, lanjut Sutopo tidak mengganggu aktivitas penerbangan di sekitar lokasi. “Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado dan Bandara Palu tetap beroperasi normal dan aman,” lanjutnya.

Selain itu, Sutopo menjelaskan bahwa tidak ada warga yang mengungsi. Karena radius 4 kilometer dekat wilayah berbahaya tidak terdapat pemukiman warga.

“Tidak ada pengungsian,” singkat pria yang mengidolakan penyanyi Raisa.

Sekadar informasi, pada pukul 08.47 WITA, tinggi kolom abu vulkanik 4.000 meter mengarah ke barat-barat laut. Amplitudo maksimum 39 mm dan durasi sekira 6 menit.

Pada pukul 11.12 WITA tinggi kolom abu vulkanik Gunung Soputan mencapai 2.500 meter berwarna kelabu-cokelat dengan intensitas sedang-tebal ke arah barat-barat laut. Amplitudo maksimum 38 mm dan durasi 5 menit 44 detik.

(sindonews.com/valentino warouw/rds)