OD-SK Bertekat Pacu Pembangunan Infrastruktur Kesehatan

oleh -
Gubernur Olly Dondokambey, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, dr Kirana Pritasari, Ketua TP PKK Sulut Rita Tamuntuan dan Kepala Dinkes Sulut, dr Debbie Kalalo, saat menekan tombol bersama di Rapat Kerja dan Evaluasi Program Kesehatan.(Ist)

MANADO-Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) menyeriusi pembangunan infrastruktur kesehatan di Sulawesi Utara (Sulut). Dua politisi PDIP ini meyakini, penyiapan infrastruktur tersebut merupakan pondasi untuk menunjang semua program kesehatan yang maksimal.

Kata Olly, banyak program saat ini seperti Healt Coverage (UHC) melalui percepatan Eliminasi Tuberculosis (TBC), pencegahan stunting serta peningkatan kualitas dan cakupan imunisasi yang perlu dimaksimalkan penerapannya.

“Pelaksanaan kegiatan prioritas ini akan diupayakan pada upaya promotif dan preventif, kuratif dan rehabilitatif demi tercapainya status kesehatan yang lebih baik, tanpa harus mengalami kesulitan finansial,” kata Olly, dalam Rapat Kerja dan Evaluasi Program Kesehatan Provinsi Sulut di Manado, Rabu (17/10/2018).

Dia mengakui, meskipun program itu baru akan dilaksanakan, namun harus mampu menghadapi tantangan dan kendala. Seperti ketersediaan infrastruktur dan fasilitas pelayanan kesehatan dasar yang sesuai SPM kesehatan, akses pelayanan kesehatan, serta ketersediaan SDM kesehatan/tenaga medis yang berkompetensi dan profesional yang sangat berperan dalam mengembangkan sistem kesehatan nasional dan daerah.