Sulut Banyak Potensi, Dinas ESDM Mantapkan Program EBT

oleh
Kabid Energi Dinas ESDM Sulut, Brahmaputra. (Rivco Tololiu)

MANADO-Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus menyeriusi program Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagaimana salah satu program prioritas Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Sulut, BA Tinungki melalui Kepala Bidang (Kabid) Energi, Brahmaputra mengatakan, Provinsi Sulut punya banyak potensi EBT. Saat ini sudah ada beberapa potensi tersebut yang digarap.

Sudah ada beberapa potensi EBT yang digarap seperti di Lahendong dan wilayah lain. Sekarang ini, sudah ada perusahaan yang siap menggarap potensi EBT panas bumi di Kabupaten Minahasa Utara (Minut),” kata Brahmaputra.

Dia menjelaskan, bawuran EBT secara nasional ditargetkan 23% di 2025, dan 31% di 2040. Kalau di Provinsi Sulut, bawuran EBT 35% di 2025, dan 48% di 2040.

Lanjut dia, potensi EBT yang sudah terpasang yakni Air dengan kapasitas 59,38 Mega Watt (MW), Tenaga Surya totalnya sebesar 799 Kilo Watt Peak, dan Panas Bumi sebesar 118 MW.

Sumber EBT kita sangat besar. Hingga kini hanya beberapa persennya yang tergarap. Memang penggarapannya butuh peralatan canggih,” tuturnya.

Dia menjelaskan, pihaknya sangat terbuka jika ada perusahaan yang datang mengelola sumber EBT tersebut. Pasalnya, pengelolaan dari perusahaan sangat diperlukan, karena mengingat banyak potensi EBT yang memang belum tergarap.