Pertamina Serahkan Satu Mobil Ambulans di Kecamatan Kombi 

oleh -
Pertamina peduli akan kesehatan masyarakat. karena itu lewat Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII  memberikan bantuan satu unit mobil Ambulans di Kecamatan Kombi, Kabupaten Minahasa.

MANADO— Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII  menyumbangkan satu unit mobil ambulans untuk meningkatkan layanan kesehatan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Bantuan mobil Ambulans diberikan kepada warga di Kecamatan Kombi, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulut. Bantuan diserahkan Sr. Supervisor Branch Marketing Pertamina Wilayah Sulutenggo, Justien Telly didampingi anggota DPR RI Komisi VII (Bidang ESDM, Riset & Teknologi, Lingkungan Hidup), Bara Hasibuan di Kantor Cabang Pertamina Sulutenggo, Kamis (06/12/2018).

Bantuan ini, untuk memberikan memfasilitasi masyarakat Kecamatan Kombi agar bisa mendapat akses layanan kesehatan yang lebih cepat.

Sebab berdasarkan data nasional Kementerian Kesehatan RI, tercatat pada 2017, ada 48 rumah sakit (RS) di Sulut. lima diantaranya berlokasi di Kabupaten Minahasa.

Warga di Kecamatan Kombi harus menempuh 24 kilometer (km) untuk mencapai rumah sakit terdekat yakni RSUD Dr. Sam Ratulangi di Tondano, Kabupaten Minahasa.

Pada kesempatan itu, Justien menjelaskan bahwa mobil Ambulans berperan penting untuk meningkatkan akses kesehatan masyarakat.

“World Health Organization (WHO) menyatakan rasio ideal  ketersediaan ambulans dengan jumlah penduduk adalah satu Ambulans untuk 100.000 penduduk. Dengan bantuan mobil Ambulans ini, semoga membuat warga lebih mudah dan cepat dalam mengakses layanan kesehatan khususnya di lokasi yang jauh,” ujar Justien.

Bantuan mobil ambulans diterima langsung Robi Mais, perwakilan dari desa Kolongan satu, Kecamatan Kombi, Minahasa. Selanjutnya mobil ambulans akan digunakan untuk melayani masyarakat miskin dan lansia.

Selain itu juga sebagai pelayanan angkut jenazah, membantu pihak puskesmas dan rumah sakit.

“Selain mobil Ambulans ini, kami telah merealisasikan program-program tanggung jawab sosial dan lingkungan kepada masyarakat Sulawesi Utara senilai Rp4,68 miliar rupiah,” tutup Justien.

Sementara itu, anggota DPR RI Komisi VII Bara Hasibuan berharap, bantuan kendaraan tersebut dapat digunakan masyarakat untuk membantu orang sakit yang membutuhkan pertolongan.

“Bantuan ini merupakan slah satu kerjasama antara komisi VII dengan pertamina, yakni memberikan bantuan mobil ambulans,” ujarnya. (stenly sajow)