KPU Sulut Sosialisasikan Badan Adhoc Penyelenggara Pemilu 2019

oleh
KPU Sulut gelar sosialisasi badan Adhoc penyelenggara pemilu tahun 2019, Senin (31/12/2018) di hotel Aryaduta Manado. (FOTO: Christy Lompoliuw)

MANADO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), gelar sosialisasi badan Adhoc penyelenggara pemilu tahun 2019, Senin (31/12/2018) di hotel Aryaduta Manado.

Sosialisasi dipimpin langsung Ketua KPU Sulut, Ardiles Mewoh didampingi komisioner Salman Saelangi. Dalam penyampaiannya, Mewoh mengatakan, untuk badan Adhoc yang ada di Sulawesi Utara di tingkat kecamatan dan desa sudah terbentuk sejak 8 Maret 2018.

“Untuk PPK dan PPS sudah terbentuk, sementara untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara  (KPPS) nanti dibentuk satu bulan sebelum pemungutan suara,” ujar dia.

“Tentu saja KPU Sulut akan merekrut KPPS yang memiliki kemampuan, sebagai ujung tombak penyelenggara pemilu tahun 2019,” terang Mewoh.

Disisi lain, Komisioner KPU Sulut Salman Saelangi mengatakan, pembentukan KPPS tersebut berdasarkan PKPU 3 tahun 2018 tentang pembentukan dan tata kerja PPK, PPS dan KPPS.

“KPPS yang akan dibentuk nanti berjumlah tujuh orang ditambah dua tenaga pengaman yang akan bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan tetap memperhatikan 30 persen keterwakilan perempuan,” jelas dia.

Lanjut dia, untuk TPS yang memiliki data pemilih disabilitas akan disiapkan KPPS yang memilik kemampuan khusus.

“Nantinya akan disiapkan KPPS yang memiliki kemampuan melayani pemilih disabilitas,” tutup dia. (Christy Lompoliuw/view)