Cegah DBD Meluas, Dinkes Minahasa Tenggara Serukan 3M dan Jumantik

oleh
Kepala Dinas Kesehatan dr Helny Ratuliu, saat memberikan pemaparan soal upaya mencegah meluasnya DBD. (ist)

RATAHAN-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menyerukan langkah pencegahan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan langkah 3M Plus dan Jumantik.

3M Plus yang dimaksud yakni warga diminta untuk memperhatikan kebersihan lingkungan dengan Menguras genangan air, Menutup wadah penampungan air dan Mendaur ulang botol atau wadah yang berpotensi menimbulkan genangan air.

Kepala Dinkes Kabupaten Mitra Helny Ratuliu mengungkapkan, pada prinsipnya penyebab DBD adalah nyamuk Aedes Aegypty. Dimana lokasi nyaman perkembangbiakannya pada air tergenang.

“Fogging sudah dilakukan. Nah selanjutnya kami serukan soal 3M Plus termasuk masyarakat ikut juga menjaga daya tahan tubuh dengan pola hidup teratur,” terangnya.

Kemudian lanjut Helny, program lain yang ikut giat dilakukan sebagai langkah pencegahan adalah dengan Juru Pantau Jentik (Jumantik). Program ini sudah disosialisasikan disejumlah pertemuan kemasyarakatan.

“Jumantik itu mewajibkan dalam satu rumah, harus ada salah satu anggota keluarga yang wajib mengontrol lingkungan sekitar secara teratur. Jangan biarkan ada wadah yang menyebabkan nyamuk bisa berkembang biak, dengan nyaman” ujar Helny sembari berharap sikap proaktif dari semua warga.

“Jauh lebih baik kita mencegah dari pada mengobati,” timpalnya.

Dari data yang diperoleh tahun 2018, kabupaten Mitra sempat mengoleksi 58 kasus DBD. Sementara diawal tahun 2019 tercatat 4 kasus. (marvel pandaleke/rivco)