Peduli Pendidikan, BI Sulut Bangun Perpustakaan di SMA Negeri 1 Ratahan

oleh -
Peresmian Bantuan BI Corner SMA Negeri 1 Ratahan, Kabupaten Minahasa Tenggara. (Foto: Istimewa)

MANADO—Bank Indonesia bangun perpustakaan di SMA Negeri 1 Ratahan, Kabupaten Minahasa Tenggara. Sarana pendidikan ini dinamakan BI Corner.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Soekowardojo mengatakan, BI berupaya membentuk kualitas sumber daya manusia (SDM) pelajar Sulut lebih unggul sehingga bisa menjawab tantangan zaman.

“Hari ini merupakan hari yang luar biasa bagi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara, karena penyerahan bantuan kepada SMA Negeri 1 Ratahan,” jelas Soekowardojo, disela peresmian BI Corner di SMA Negeri 1 Ratahan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kamis, 17/1/2019.

Menariknya kata dia, perpustakaan ini merupakan BI Corner pertama di Provinsi Sulut untuk tingkat sekolah menengah.

“Kami percaya bahwa kebiasaan membaca secara rutin dan terus-menerus dapat bermanfaat khususnya bagi adik-adik pelajar untuk memperkaya serta menambah gagasan baru sebagai bekal bagi adik-adik untuk menghadapi tantangan di keesokan hari,” ujarnya.

Menurut dia, Peresmian Bantuan BI Corner tersebut merupakan bentuk dukungan dan semangat BI  untuk mencetak anak bangsa yang unggul, kompeten, dan berwawasan luas melalui peningkatan minat baca dan menulis terutama di kalangan remaja pelajar.

Karena itu, infrastruktur sarana ini dapat mendukung kemudahan akses pelajar dalam membaca buku. Terutama dalam rangka memperluas wawasan untuk membangun karakter calon pemimpin bangsa yang kompeten, inovatif, dan unggul dalam berbagai bidang.

Program Bantuan Pojok Baca Bank Indonesia atau yang sebut sebagai BI Corner merupakan bagian dari Program Sosial Bank Indonesia yang sudah selama lebih dari tiga tahun kami sebarkan ke seluruh pelosok Indonesia, termasuk di wilayah Provinsi Sulawesi Utara.

Hingga kini, tercatat kami telah menyerahkan bantuan BI Corner di tujuh universitas dan dua sekolah menengah di Sulawesi Utara.

Ke depan, BI akan meningkatkan jumlah universitas dan sekolah menengah penerima manfaat BI Corner di Sulawesi Utara sebagai bentuk nyata komitmen dan kontribusi Bank Indonesia terhadap kemajuan pendidikan sumber daya manusia di daerah. (stenly sajow)