Menkeu Sri Mulyani: Pemilu 2019 Tidak Akan Ganggu Ekonomi

oleh -
Menkeu Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati saat menjadi pemateri dalam kuliah umum di Universitas Sam Ratulangi Manado. KORAN SINDO MANADO/MARCOS BUDIMAN

MANADO—Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati memastikan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak di 17 April 2019 mendatang tidak akan menganggu tatanan ekonomi.

“Saat Pemilu ekonomi kita tetap akan baik,” ujar Sri Mulyani saat memberikan kuliah umum di Universitas Sam Ratulangi Manado, Kamis, 17 Januari 2019.

Alasannya kata Menkeu, pengusaha lebih melihat ekonomi secara makro, sehingga meskipun ada Pemilu atau pesta lima demokrasi tahunan, pihaknya tidak melihat adanya investor yang melakukan penundaan investasi. “Ini tidak ada pengaruh pada investasi. Saya tidak melihat pengusaha melakukan penundaan,” jelasnya.

Begitu juga dengan sektor konsumsi masyarakat, menurut dia, pada tahun politik biasanya daya beli masyarakat tetap akan membaik. Bahkan menkeu menekankan, Pemilu tetap akan memberikan kepastian ekonomi.

“Masyarakat tidak perlu berjaga-jaga karena tidak ada kepastian ekonomi,” tuturnya.

Karena itu dia mengajak, masyarakat tidak menghiraukan isu-isu negatif yang berkembang di tahun politik. Sebab kata dia, seharusnya masyarakat bergembira dalam pesta demokrasi untuk memilih calon pemimpin dalam lima tahun kedepan.

“Sekali lagi Pemilu  tidak akan mempengaruhi ekonomi Indonesia. Kalaupun ada pengaruhnya positif. Saya percaya masyarakat tidak akan terancam hidupnya. Ini pesta demokrasi harusnya positif,” terangnya. (stenly sajow)