KPU Sulut Fasilitasi 174 Praja IPDN Yang Pindah Memilih

oleh -
Sosialisasi dan diskusi pemilihan Presiden dan Legislatif 2019 yang digelar di aula Gedung IPDN Tampusu Kabupaten Minahasa, Jumat (1/2/2019). (FOTO : Istimewa)

MANADO- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Minahasa akan memfasilitasi hak pilih 174 Praja IPDN Sulut yang berasal dari luar daerah.

Hal tersebut dikatakan Komisioner KPU Sulut, Meidy Tinangon yang hadir sebagai narasumber dalam pelaksanaan sosialisasi dan diskusi yang digelar di aula Gedung IPDN Tampusu Kabupaten Minahasa, Jumat (1/2/2019).

Menurut Tinangon, pemindahan memilih dimungkinkan sehingga mempermudah pemilih yang sudah terdaftar di DPT daerah asal namun sedang kuliah di luar daerah sehingga tidak dapat menggunakan hak pilihnya di daerah asal.

“Kita akan fasilitasi untuk pengurusan formulir pindah memilih atau formulir model A5 tanpa harus mengurusnya di daerah asal,” kata Tinangon, Jumat (1/2/2019).

Lanjut Tinangon, KPU nantinya akan meminta data lengkap termasuk data desa tujuan, mengingat pada April mendatang Praja IPDN akan praktek lapangan di beberapa desa di Minahasa.

Sementara itu, Direktur IPDN kampus Sulut Noudy Tendean menyambut baik respon KPU Sulut atas permintaan sosialisasi yang diajukan pihaknya.

“Terima kasih kepada KPU yang siap memfasilitasi hak pilih praja IPDN, mengingat Mendagri melalui Rektor IPDN telah menghimbau kepada jajaran IPDN termasuk Praja untuk menggunakan hak pilihnya tanggal 17 April nanti,” ujar Tendean.

Diketahui, Tim Sidalih KPU Minahasa dibawah pimpinan Ketua Diviai Data Lidya Malonda dan PPK Kecamatan Remboken telah melakukan pengecekan awal melalui aplikasi Sidalih keterdaftaran para praja dalan DPT untuk persiapan didata dalam DPTb. (Christy Lompoliuw)

 

Editor: Valentino Warouw