DAW Bekali Komunitas Motor Honda dengan Ilmu Jurnalistik

oleh -
PT Daya Adicipta Wisesa (DAW) memberikan pendidikan ilmu jurnalistik pada komunitas Honda di Sulut. Hal ini supaya setiap komunitas bisa mendokumentasikan setiap kegiatan dalam bentuk berita. Tampak Direktur Operasional Koran Sindo Manado Gladys Runtukahu memberikan saat KORAN SINDO MANADO/STENLY SAJOW

MANADO—PT Daya Adicipta Wisesa (DAW)  membekali komunitas motor Honda di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dengan ilmu jurnalistik serta cara mengelola media digital.

Kali ini, DAW menghadirkan Direktur Operasional Koran Sindo Manado Gladys Runtukahu sebagai pemberi materi. Dalam pemaparannya, Gladys mengatakan, menjadi jurnalistik itu tidak sulit. Asalkan para anggota komunitas untuk menulis berita sesuai kaidah jurnalistik.

“Pada dasarnya ada harus memiliki unsur 5W 1H,” ujar Gladys  di saat Workshop Digital dan Jurnalistik yang mengangkat tema Santun di Online, Aktif jalan. Kegiatan ini dipusatkan di WhatsUp Cafe Mega Mas, Jumat 22/2/2019.

Gladys, jika unsur tersebut sudah terpenuhi maka sudah memenuhi nilai informasi. Selain itu dalam penulisan wajib menggunakan tata Bahasa Indonesia yang benar.  Disamping itu, Gladys juga mendorong, agar para komunitas santun menggunakan media sosial.

Promotion Section Head PT DAW Ronald Manueke menerangkan, ilmu jurnalistik tidak hanya dikhususkan bagi yang berprofesi sebagai wartawan. Tetapi perlu diketahui semua kalangan termasuk komunitas motor Honda.

“Komunitas motor Honda di Sulut, kami edukasi supaya bisa menulis,” ujar  Manueke.

Tujuannya kata Manueke, dari pembekalan tersebut, setiap komunitas bisa paham menulis berita dengan sesuai kaidah jurnalistik. Agar kedepannya komunitas tersebut bisa mendokumentasikan setiap kegiatan positif yang bermanfaat bagi banyak orang.

“Kami berharap dari ilmu yang didapat ini teman-teman komunitas bisa aktif mem-posting berita di hondacommunity.net, yakni atau website khusus komunitas,” jelasnya.

Lanjut Manueke, para komunitas bisa disebut eksis jika sering mengunggah berita  di hondacommunity.net. Dari sini, komunitas bisa berbagi informasi dengan komunitas lainnya di seluruh nusantara.

“Agar supaya komunitas bisa lebih eksis lagi, supaya teman-teman di Pulau Jawa juga bisa tahu aktivitas komunitas Honda di Sulut,” terangnya.

Sehingga kata dia, kegiatan positif yang digelar tidak hanya memberikan contoh bagi komunitas lain tetapi bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Adapun DAW merupakan Main Dealer Sepeda Motor Honda & Sparepart Honda di wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara. (stenly sajow)