Arbonas Hutabarat: BI Siap Beri  Kontribusi Nyata Bagi Sulut

oleh -
Tampak, (Searah jarum jam) Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulut Arbonas Hutabarat, Deputi Gubernur BI Erwin Rijanto, serta Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Tengah Soekowardojo. (KORAN SINDO MANADO/STENLY SAJOW)

MANADO—Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara yang baru Arbonas Hutabarat berjanji akan membantu pertumbuhan ekonomi daerah.

“Kami akan mengoptimalisasi kontribusi nyata Bank Indonesia di daerah,” ujar Arbonas, Jumat, 8/3/2019.

Hal itu dikatakan Arbonas, disela Upacara Serah Terima Jabatan kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara, Jumat, 8/3/2019.

Arbonas Hutabarat resmi diangkat sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulut menggantikan  Soekowardojo yang juga telah resmi diangkat menjadi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah

Karena itu, Ke depan, kata, Arbonas, Bank Indonesia berharap dapat semakin memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan pemerintah daerah dan stakeholders terkait.

Menurut dia, Bank Indonesia senantiasa melakukan pengembangan guna menata sekaligus memperkuat peran Kantor Perwakilan Bank Indonesia.

Kantor Perwakilan bank Indonesia menjalankan perannya sebagai mitra strategis Pemerintah Daerah dengan balk serta mampu menjalankan fungsi strategic advisory dalam menyelesaikan berbagai permasalahan ekonomi di daerah.

Bank lndonesia juga sangat mengapresiasi kerja sama dan koordinasi yang telah terjalin baik dengan pemerintah daerah dan stakeholders terkait selama ini, terutama dalam membangun perekonomian daerah.

Penumbuhan ekonomi Sulut pada tahun 2018 mencapai angka 6,01%, di atas pertumbuhan nasional. Pertumbuhan ekonomi tersebut membuat kualitas penumbuhan ekonomi Sulawesi Utara cenderung meningkat.

Kualitas penumbuhan ekonomi juga dicerminkan oleh angka kemiskinan dan rasio gini berada di bawah nasional, serta indeks pembangunan manusia yang berada di alas nasional. (stenly sajow)