Hotel ibis Manado Komitmen Kurangi Penggunaan Botol Plastik Hingga 100%

oleh -
Hotel Ibis Manado City Center Boulevard (IMCCB) berupaya mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. KORAN SINDO MANADO/STENLY SAJOW

MANADO–Hotel Ibis Manado City Center Boulevard (IMCCB) berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

General Manager IMCCB Afif Khairi mengatakan, ibis Manado optimis tahun selama  ini bisa mengurangi  pemakaian botol plastik sekali pakai pada air minum kemasan.

“Kami berupaya tidak lagi menggunakan air minum dalam kemasan botol plastik hingga 99% bahkan sampai 100%,” ujar Khairi saat press conference, di ibis Kitchen, Kamis, 11/4/2019.

Afif mengatakan, sebagai ganti dari air minum kemasan dalam botol plastik tersebut, pihaknya menyiapkan cerek air yang terbuat dari kaca di setiap kamar. “Kami menyediakan water jug  di setiap kamar sebagai ganti botol plastik air mineral sekali pakai,” paparnya.

Water jug ini kata dia, bisa diisi ulang oleh tamu dengan air mineral yang tersedia di dispenser setiap koridor. Dispenser air akan disebarkan di setiap lantai. Inisiatif ini didukung oleh salah satu perusahaan air minum di Sulawesi Utara yakni, AKE.

Untuk memudahkan para tamu, maka ibis Manado  mempersiapkan bantuan dari semua staf yang sedang melayani tamu di masing-masing kamar. Caranya dengan  menawarkan untuk membantu mengisi ulang water jug yang sudah kosong. “Tetapi, apabila tamu tetap ingin menggunakan air mineral di dalam botol plastik, maka akan tetap disediakan,” terangnya.

Afif menjelaskan, keberhasilan program tersebut sangat ditentukan  bagaimana cara kita menjelaskan kepada tamu. “Apabila kita mampu menjelaskan dengan baik maka pesan ini akan tersampaikan dengan baik pula. Apabila tamu tetap ingin menggunakan air mineral di dalam botol plastik, maka akan tetap disediakan. kami berharap program pengurangan penggunaan plastik sekali pakai ini akan mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat,” tuturnya

Tak hanya botol plastik air minum sekali pakai,  Ibis Manado juga sudah mengganti sedotan plastik dengan sedotan daur ulang yang ramah lingkungan. “Saat ini, sedotan plastik di restoran tidak lagi kami sediakan, kami menyiapkan sedotan dari kertas yang ramah lingkungan dan disiapkan bila ada permintaan dari tamu,” jelasnya.

Untuk memudahkan para tamu maka sangat dibutuhkan bantuan dari semua staf yang sedang melayani dapat menjelaskan tujuan dari penggantian sedotan ini.

Terkait program ramah lingkungan tersebut, ibis Manado telah menyebar sosialisasi lewat X-Banner yang diletakkan di setiap lantai. Mulai dari lobi, meeting room, dan tiap lantai kamar Ibis Manado. Kampanye ini agar memudahkan para tamu mengerti program yang kami kerjakan ini sebagai bentuk mendukung kegiatan pemerintah, ramah lingkungan serta menjaga kelangsungan planet kita. (stenly sajow)