Ibis Manado Edukasi Love Food, Not Waste pada Kaum Milenial 

oleh -
Tampak General Manager IMCCB, Afif Khairi saat mengajak kaum milenial untuk bertanggung jawab terhadap makanan yang kita makan, ambil secukupnya dari pada harus dibuang. istimewa

MANADO—Memperingati hari Planet 21 AccorHotels setiap tanggal 21 April, Ibis Manado City Center Boulevard (IMCCB) membekali kaum milenial mengenai program Love Food, Not Waste.

Dari kegiatan tersebut, Ibis Manado mengundang perwakilan Siswa dan guruserta mahasiswa. Diantaranya dari SMK 3 Manado, SMK 1 Manado, SMK 1 N Tombariri, SMK 1 Gorontalo, SMK 1 Airmadidi, dan Universitas Katolik De La Salle Manado.

Ibis Manado memberikan edukasi mengenai Love Food, Not Waste. Sekaligus mengajari kaum milenial memasak dengan menggunakan bahan yang tidak habis dipakai. Kemudian mengolahnya menjadi makanan baru khusus kali ini untuk menu sarapan pagi yang baik untuk kesehatan.

Kegiatan ini digelar di di ibis Kitchen Restaurant, Senin, 22 April 2019

Planet 21 merupakan salah satu program dari AccorHotels yang berhubungan dengan ramah lingkungan serta menjaga kelangsungan hidup Planet kita dengan berbagai hal-hal kecil. Salah-satunya yaitu dengan tindakan kami, yaitu mengolah bahan makanan yang tidak habis dipakai dengan membuat makanan yang sehat.

Adapun, bahan dasar yang ambil yaitu Ikan. Bagian-bagian ikan yang tidak habis dipakai saat memasak sebelumnya, dihaluskan seperti dicincang kemudian diolah menjadi Patty. Patty ini dibuat dengan ikan yang telah dihaluskan tadi kemudian diolah dan dibentuk pipih atau berbentuk bulat dan disajikan dengan ubi ungu yang mengandung protein dan karbohidrat, kemudian dilengkapi juga dengan sayuran.

Executive Sous Chef Arther Kalendesang langsung memberi edukasi serta arahan apa saja resep yang digunakan, bagaimana kita mengolah Patty atau bahan makanan yang masih bisa dipakai dan dimanfaatkan kembali sehingga kita bisa menyajikan Healthy Food “Pan Seared Fish Vegetables Skin & Local Cassava”.

Selain presentasi mengenai cara mengolah makanan ini, kami juga mengajak para peserta untuk mempraktekkan secara langsung mengenai cara pengolahan makanan yang bisa digunakan dengan benar.

Acara sangat antusias yang diikuti oleh 40 an Siswa-Siswi bersama guru-guru yang ikut hadir turut memperhatikan bagaimana cara membuat menu ini. Setelah selesai memasak, mereka juga diberikan kesempatan untuk mencicipi cita rasa menu tersebut. Para peserta sangat senang karena bisa mendapat pengetahuan yang banyak dan berguna dalam kehidupan sehari-hari.

General Manager IMCCB, Afif Khairi mengajak kaum milenial untuk bertanggung jawab terhadap makanan yang kita makan, ambil secukupnya dari pada harus dibuang.

Sebenarnya kata dia, program Food Waste ini sudah kita laksanakan sejak tahun 2017, Sebagian besar kita tidak pernah menyadari, berapa banyak makanan (= sisa makananan) yang kita buang setiap harinya. “Solusi yang kami lakukan yaitu dengan memberikan arahan kepada tamu-tamu saat menikmati sarapan pagi dengan tema “Clean Your Plate”. Apa yang kita ambil untuk makan, diharapkan untuk tidak menyisahkannya di atas piring,” ujar Khairi.(tenly sajow)