BI Sulut Sosialisasikan Penggunaan Uang Elektronik di Tol Manado-Bitung

oleh -
Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulut Arbonas Hutabarat bersama Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Kandouw dan Kapolda Sulut Irjen (Pol) Remigius Sigit Tri Hardjanto saat mengikuti Bi Fun Run dan Fun Bike 2019. istimewa

MANADO—Bank Indonesia mengkampanyekan penggunaan uang elektronik untuk jalan tol Manado-Bitung lewat Pelaksanaan Fun Run dan Fun Bike 2019.

Iven tersebut akan digelar Sabtu, 4 Mei 2019. Tercatat sudah banyak banyak peserta yang juga datang dari daerah lain seperti Gorontalo untuk ikut bertanding di lomba RUN 5K dan RUN10K.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gerbang Tol Manado Bitung (di depan Rumah Alam Adventure Park) tersebut akan diikuti dari berbagai kalangan antara lain pemerintah daerah, angkatan, dokter, dan berbagai komunitas lari dan sepeda dari berbagai daerah.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara Arbonas Hutabarat mengatakan, Bank Indonesia terus  mensosialisasikan rencana operasional Jalan Tol Manado Bitung yang direncanakan akan beroperasi pada tahun 2019. Khususnya rencana terkait penggunaan instrumen pembayaran non tunai 100%  pada Jalan Tol Manado Bitung.

“Penggunaan uang elektronik ini sebagai alat pembayaran yang inovatif dan praktis diharapkan dapat membantu kelancaran pembayaran kegiatan ekonomi yang bersifat massal, cepat dan mikro,” ujar Hutabarat, Sabtu, 4/5/2019.

Hutabarat  mengatakan, penggunaan uang elektronik tersebut dapat membantu kelancaran transaksi di jalan tol, dan di bidang transportasi lain seperti kereta api maupun angkutan umum lainnya atau transaksi di minimarket, food court, atau parkir.

Menurut Arbonas, BI memberikan izin penyelenggaraan alat pembayaran menggunakan kartu atau disebut dengan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu  (APMK).

(stenly sajow)