LSP Pariwisata Anging Mamiri Gelar Uji Kompetensi Tour Leader Gratis di Manado

oleh -
LSP Pariwisata Anging Mamiri gelar sertifikasi uji kompetensi gratis di Manado bidang tour leader, di Hotel Grand Central, Jumat (31/5/2019).

MANADO- Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Anging Mamiri gelar sertifikasi uji kompetensi gratis di Manado bidang tour leader, di Hotel Grand Central, Jumat (31/5/2019).

Direktur LSP Anging Mamiri Farid Said mengatakan, kegiatan uji kompetensi sektor Pariwisata bidang tour leader adalah yang ketiga kali kami lakukan.

“Pertama kami lakukan di Makassar, kedua di Aceh dan Ketiga di Manado. Kegiatan kali ini semua anggaran langsung dari Kementerian Pariwisata,” terang dia, saat membawakan sambutan.

Lanjut dia, sangat perlu sekali dengan adanya uji kompetensi tour leader ini kususnya di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Mohon keseriusan semua peserta untuk melakukan uji kompetensi tour leader, yakin ini tidak akan sia-sia,” harap dia.

Kadis Pariwisata Sulut Daniel Mewengkang mengatakan, bersyukur kita bisa mengikuti ini dengan gratis. Sangat berterima kasih kepada Kementerian Pariwisata yang melakukan uji kompentensi tour leader di Provinsi Sulut.

“Terima kasih juga untuk LSP Anging Mamiri yang bisa melakukan uji kompentensi tour leader di Provinsi Sulut. Kalau kita tidak ada sertifikasi bisa saja kedepan orang luar yang jadi tour leader di Provinsi Sulut,” tegas dia, sekaligus membuka kegiatan.

Dia menambahkan, ini adalah hal yang sangat baik, kami betul-betul merasa di hormati, apalagi ini yang ketiga dilakukan. “Selamat mengikuti uji kompetensi, kiranya kegiatan ini bisa diseriusi oleh peserta. Ini gratis tidak dibayar, kehadiran bapak ibu kami berikan apresiasi,” pungkas dia.

Sementara itu, Sekretaris LSP Pariwisata Anging Mamiri Gita Nelwan menambahkan, untuk saat ini sebanyak 50 peserta yang mengikuti uji kompetensi tour leader.

“Melihat pasar di Provinsi Sulut yang luar biasa skema tour leader dan tour guide yang dibutuhkan. Kami punya kedua skema. Kedepan di Sulut jika ada permintaan pasar maka kami akan perjuangkan ke Kememterian untuk dilakukan uji kompetensi tour leader dan tour guide,” pungkas dia.

Dalam kegiatan turut hadir Ketua HPI Manado David Togas
Ketua Astindo Sulut Audi Rompis, puluhah peserta. Diketahui, kegiatan diselenggarakan atas kerjasama ASDEP pengembangan SDM dan hubungan antar lembaga dengan LSP Pariwisata Anging Mamiri deputi bidang pengembangan industri dan kelembagaan Kementerian Pariwisata. (valentino warouw)