Puncak Hari Donor Darah Sedunia, Ini Kegiatan Menarik yang Disiapkan PMI Sulut

oleh -
Ketua Tim Giat Donor Darah PMI Sulut Anie Dondokambey bersama sejumlah panitia foto bersama usai melaksanakan rapat persiapan acara puncak Hari Donor Darah Sedunia di Manado. (ist)

MANADO-Tim donor darah Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Utara (Sulut) akan menggelar sejumlah kegiatan menarik memperingati Hari Donor Darah Sedunia. Acara puncaknya akan berlangsung 21 Juni mendatang yang persiapannya terus dimatangkan.

Ketua Tim Giat Donor Darah PMI Anie Dondokambey mengatakan, pihaknya baru-baru ini sudah menggelar rapat pelaksanaan acara puncak Hari Donor Darah Sedunia.

Persiapannya hampir rampung. Kita bahas secara detail semua hal terkait acara puncak supaya bisa berkesan bagi masyarakat,” ungkap Anie, Selasa (18/9/2019).

Dia menyebut, sejumlah kegiatan yang disiapkan pihaknya yakni donor darah massal yang melibatkan ratusan orang, jalan sehat serta acara menaik lainnya.

“Rangkaian kegiatan yang mengambil tema ‘Safe Blood for All’ tersebut dilakukan sebagai upaya peningkatan kesadaran masyarakat akan manfaat dan pentingnya donor darah. Dibuat juga sebagai apresiasi kepada para pendonor sukarela dengan gaya hidup pendonor yang sehat dan ikhlas mau menyumbangkan darahnya tanpa dibayar,” tambah Anie.

Dia menuturkan, PMI Sulut terus mengkampanyekan donor darah harus jadi gaya hidup. Kegiatan puncak nanti akan diwarnai jalan sehat dan donor darah massal mulai dari Megamall dan finish di Wanea Plaza, terbuka untuk umum. Ada pula pemberian penghargaan kepada personal dan instansi.

Akan ada juga pemberian penghargaan kepada pendonor yang sudah 10, 25, 50, 75 dan 100 kali mendonorkan darahnya. Ada pula pelantikan tim giat donor darah tambahan, dan penghargaan kepada relawan PMI yang sukses melaksanakan tugas kemanusiaan penanganan bencana di Palu.

Anie mengingatkan bagi semua masyarakat yang hadir untuk tidak membawa kemasan botol atau gelas plastik sebagai wujud dukungan kampanye pengurangan sampah plastik dari PMI Sulut.

Mari kita juga tunjang program-program cinta lingkungan seperti mengurangi penggunaan plastik karena sangat berdampak buruk bagi kelestarian lingkungan,” cetusnya.

Sejumlah masyarakat pun menyambut antusias kegiatan sosial yang akan digelar PMI Sulut guna memperingati Hari Donor Darah Sedunia. Warga sangat antusias mengikuti kegiatan khususnya melakukan aksi donor darah bersama.

Ini kegiatan positif yang juga dapat membantu sesama kita. Pastinya, kita berupaya hadir untuk dapat bersama menyukseskan kegiatan tersebut. Apalagi ada acara menarik disertai donor darah massal,” ucap Tesalonika Korua, warga Minahasa. (Ilona piri)