Peduli Lingkungan, GenBI Sulut Kumpulkan 1 Ton Sampah di Pantai Manado

oleh
Program bersih pantai dalam rangka kegiatan Coral triangle day's festival. dilaksanakan pada Kamis, 20 Juni 2019, di Pantai Malalayang, Manado.

MANADO—GenBI Sulawesi Utara (Sulut) bergabung dalam relawan konservasi Sulut untuk melakukan kegiatan bersih pantai dalam rangka kegiatan Coral triangle day’s festival.

Program tersebut dilaksanakan pada Kamis, 20 Juni 2019, di Pantai Malalayang, Manado.

Kegiatan, ini diikuti oleh organisasi dan instansi lain diantaranya Dinas Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Utara, Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado, THL kebersihan kota Manado, Fakultas Teknik Jurusan Teknik Lingkungan, FKM Unsrat jurusan Kesehatan lingkungan, Bank Sampah, Manengkel Solidaritas, Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam ARSAS Unsrat, Mapala Unklab, Dan 70 organisasi dan instansi lingkungan lainnya.

GenBI Sulut dan relawan konservasi Sulut lainnya membersihkan di sekitar bibir pantai Malalayang. Selain itu, beberapa perwakilan melakukan penyelaman untuk membersihkan sampah yang ada di dasar laut.

Setelah dilakukan pengumpulan sampah, sampah tersebut di timbang dan ditotalkan untuk mengetahui kelompok mana yang mengumpulkan sampah terbanyak.

Setelah di timbang, semua sampah di bawa oleh Bank Sampah.  Jumlah sampah yang dikumpulkan dalam kegiatan bersih-bersih pantai dan laut pantai Malalayang berjumlah 1.026 kilogram (kg) terdiri dari sampah campuran 567 kg, dan Sampah Plastik 459 kg.

Tujuan dari kegiatan tersebut supaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan dan memotivasi masyarakat agar dapat menjaga dan merawat lingkungan terutama di lingkungan pantai Malalayang.

Selain itu juga dengan di membersihkan pantai Malalayang dapat membuat para wisatawan merasa nyaman pantai Malalayang. Dan menjadi harapan kami kedepannya kegiatan seperti ini di tindak lanjuti dan kiranya masyarakat lebih sadar akan lingkungan di sekitarnya dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan juga lebih mengurangi pemakaian plastik. (stenly sajow)