Pangdam XIII/Merdeka Tinjau Sasaran Opster 2019 di Kabupaten Talaud

oleh -
Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopang Aritonang bersama rombongan meninjau sasaran Opster TNI 2019 di Kelurahan Melonguane Timur, Kabupaten Kepulauan Talaud. (Istimewa)
MANADO-Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang meninjau langsung Operasi Teritorial (Opster) 2019 di Kabupaten Kepulauan Talaud, Senin (29/7/2019).
Pangdam dan rombongan tiba di Bandar Udara (Bandara) Melonguane sekira Pukul 11.00 Wita. Rombongan kemudian langsung bergerak menuju salah satu rumah warga di Kelurahan Melonguane Timur.
Rumah milik Keluarga Apita-Ria tersebut menjadi sasaran Opster 2019 di wilayah Kodim 1312/Talaud.
Kedatangan Pangdam bersama rombongan, disambut hangat oleh pemilik rumah dan juga warga yang berada di lokasi.
“Saya berharap, kedatangan kami di sini (TNI), dalam rangka Opster di wilayah Kodim 1312/Talaud ini, dapat membantu Bapak dan Ibu. Semoga dengan bantuan rehab rumah ini, dapat membantu masyarakat khususnya yang berada diwilayah pulau terluar ,” ucap Pangdam, saat bertemu pemilik rumah.
Warga yang menerima bantuan tersebut, mengucapkan terimakasih kepada pihak
TNI.
Mereka berharap melalui kegiatan Opster ini, dapat mensejahterakan warga, khususnya yang menerima bantuan tersebut.
“Terimakasih TNI, atas bantuan ini kami merasa terbantu,” ucap sejumlah warga setempat.
Dalam peninjauan ini, Pangdam didampingi langsung Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri, Para Perwira Staf di jajaran Kodam XIII/Merdeka dan Korem 131/Santiago, serta unsur Forkopimda.
Diketahui, pelaksanaan Opster 2019 TNI diarahkan pada sasaran fisik maupun sasaran non fisik yang kali diprioritas pada pulau terluar khususnya Kabupaten Talaud.
Untuk sasaran fisik diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur berupa peningkatan sarana prasarana dan fasilitas umum, guna mempercepat pembangunan di daerah.
Sedangkan sasaran non fisik ditujukkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, dan menumbuhkembangkan semangat serta motivasi masyarakat dalam rangka mencapai kesejahteraan.
Direncanakan, pada besok Selasa (30/7/2019), akan dilaksanakan upacara pembukaan Operasi Teritorial TNI tahun 2019, yang akan berlangsung di Lapangan Sangkundiman Melonguane. (rivco tololiu)