PMI Sulut Rancang Aplikasi e-Blood

oleh -
Wakil Ketua PMI Sulut, dr Enrico Rawung. (Ist)
MANADO-Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Utara (Sulut) terus berupaya menghadirkan program dan terobosan guna memaksimalkan partisipasi donor darah.
Salah satu upaya yang dilakukan yakni menghadirkan Aplikasi e-Blood yang menjadi wadah untuk pendonor dan yang membutuhkan darah.
Wakil Ketua PMI Sulut dr Enrico Rawung menjelaskan, rancangan Aplikasi e-Blood merupakan bagian dari evaluasi serta masukan dari masyarakat.
“Aplikasi ini akan mempermudah pendonor serta warga yang mencari darah. Jadi, pendonor nanti tahu darahnya akan diberikan ke siapa, serta yang membutuhkan darah bisa lebih mudah mendapatkannya,” ungkap Enrico, baru-baru ini.
Dia menjelaskan, lewat aplikasi tersebut masyarakat yang ingin mendorkan darah atau yang membutuhkan akan langsung diarahkan ke Unit Transfusi Darah (UTD) terdekat di wilayahnya.
“Ini bentuk perhatian kami menjawab perkembangan teknologi. Apalagi sekarang, hampir semua masyarakat sudah menggunakan smartphone,” terangnya.
Enrico menjelaskan, kebutuhan darah di Sulut dengan angka partisipasi pendonor masih belum mencukupi.
Untuk itu, pihaknya selalu membangun sinergi dan koordinasi baik bersama pemerintah, stakeholder hingga media, agar angka partisipasi pendonor di Bumi Nyiur Melambai bisa meningkat dan mencukupi kebutuhan. (rivco tololiu)