Panitia Mengundurkan Diri, Pemilihan Sangadi Inobonto Tetap Jalan

oleh -
Kantor Desa Inobonto. (FOTO: Istimewa)

BOLMONG- Tahapan Pemilihan Sangadi (Pilsang) 105 desa di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) tengah berlangsung, namun ada sejumlah panitia pilsang tingkat desa mulai ada yang tidak mampu bekerja dan menyatakan untuk mundur.

Seperti yang terjadi di Desa Inobonto Kecamatan Bolaang,  dimana para panitia tingkat desa ini menyatakan mengundurkan diri, hanya karena hal sepele. Camat Bolaang Aswanto Gobel saat dikonfirmasi koran ini lewat telepon genggam, membenarkan hal tersebut.

“Ya, benar panitia pilsang tingkat desa di Desa Inobonto menyatakan mengundurkan diri dari jabatan yang diembannya,” ungkap Camat, Senin (9/9/2019). Dijelaskan,  mundurnya panitia Pilsang itu karena dipicu tuduhan masyarakat yang tidak netral ke mereka.

“Mereka sampaikan ke saya seperti itu,  tapi saya sudah sampaikan tunggu dulu jangan secepat itu, kalau memang seperti itu maka harus dikoordinasi dengan panitia pilsang tingkat kabupaten,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bolmong, Ahmad Yanni Damopolii lewat Kepala Bidang (Kabid)  Pemerintahan dan Pengembangan Desa, Isnadin Mamonto mengatakan,  hingga saat ini belum ada laporan kalau ada panitia pilsang tingkat desa akan mengundurkan diri.

“Kalau informasi ke kami selaku panitia kabupaten belum ada, apakah sudah sampai ke kecamatan itu belum kami tahu,” ujarnya.

Dijelaskannya juga, jika ada panitia tingkat desa yang mundur tidak berpengaruh di tahapan pilsang di desa. “Misalnya tiba-tiba ada panitia mundur satu kali,  itu ada tingkat panitia kecamatan bisa diambil alih, setelahnya Badan Permusyaratan Desa (BPD), mengadakan kembali pemilihan panitia,” jelasnya.

Hingga saat ini belum ada panitia tingkat desa yang dilaporkan tidak netral. “Belum ada laporan sampai hari ini, jika ada maka ada sanksi tegas, ke panitia tidak netral itu,” tukasnya.  (Ebby Makalalag)