Bandara Sam Ratulangi Ketambahan Dua Rute Baru

oleh -
Pesawat Garuda yang mendarat perdana Davao – Manado disambut dengan water salute, yakni penyiraman air berbentuk gerbang oleh kendaraan pemadam kebakaran bandara. Istimewa

MANADO – Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado resmi ketambahan dua rute baru yang melayani penerbangan internasional dan domestik.

Kedua penerbangan tersebut adalah Garuda Indonesia yang membuka rute penerbangan internasional Manado – Davao, Filipina dan Wings Air membuka rute baru Manado – Morotai.

General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus E. T Gandeguai mengatakan, pada Jumat 27/9/2019, pihaknya menyambut kedatangan dua penerbangan rute perdana dengan Water Salute, yakni penerbangan Garuda Indonesia rute Davao – Manado dan Wings air rute Morotai – Manado.

“Hal ini sebagai bentuk apresiasi kami selaku pengelola bandara kepada maskapai yang membuka rute baru melalui Bandara Sam Ratulangi Manado karena hal ini sejalan dengan program Pemerintah Daerah terkait peningkatan kunjungan wisatawan ke Sulawesi Utara,” ujar Minggus.

Minggus, mengatakan, Penerbangan PP Manado – Davao akan dioperasikan dengan pesawat tipe ATR 72-600 berkapasitas 70 penumpang  sebanyak dua kali per minggu pada hari Senin dan Jumat dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam perjalanan. Penerbangan Manado – Davao akan beroperasi dengan nomor penerbangan GA 7401 yang berangkat dari Bandara Internasional Sam Ratulangi pada pukul 10.30 WITA.

Sedangkan penerbangan Davao – Manado akan beroperasi dengan nomor penerbangan GA 7402 yang berangkat dari Bandara Internasional Francisco Bangoy pada pukul 13.15 (local time).

Sementara itu, Wings Air membuka rute baru Manado – Morotai PP yang dijadwalkan beroperasi tiga kali per minggu pada hari Rabu, Jumat, dan Minggu menggunakan pesawat ATR 72. Penerbangan  IW 1180 rute Manado – Morotai berangkat dari Bandara Sam Ratulangi Manado pada pukul 06.40 WITA, sedangkan penerbangan IW 1181 rute Morotai – Manado akan diberangkatkan pada pukul 09.20 WIT.

Untuk rute  Manado-Davao, diselenggarakan acara ceremonial inagural flight atau pelepasan penumpang pada penerbangan perdana rute baru ini di Bandara Sam Ratulangi Manado. Pada  kesempatan tersebut hadir CEO Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra; Duta Besar Filipina, Leehiong Tan Wee; Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw; hadir pula dalam kesempatan tersebut perwakilan dari ASITA; Otoritas Bandara Wilayah VIII; Gapura; CIQ; serta jajaran Forkopimda Sulawesi Utara.

Ari Askhara, mengungkapkan bahwa layanan penerbangan Manado – Davao tersebut merupakan bagian dari upaya Garuda Indonesia untuk menghadirkan konektivitas kepada para pengguna jasa menuju Filipina maupun Indonesia melalui layanan penerbangan regular flight yang menghubungkan Manado dengan Davao.

“Kami dari pemerintah Sulawesi Utara mengucapkan terima kasih kepada Garuda Indonesia yang telah membangun konektivitas antara Manado –  Davao, semoga hubungan baik ini dapat terus terjalin dan rute-rute lainnya dapat berkembang guna menunjang peningkatan kunjungan wisatawan ke Sulawesi Utara,” ungkap Steven Kandouw.

Para penerbangan perdana ini, dilakukan pengalungan kain bentenan oleh Manajemen Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi serta pemberian goodie bag dari maskapai. Sedangkan pesawat Garuda yang mendarat perdana Davao – Manado disambut dengan water salute, yakni penyiraman air berbentuk gerbang oleh kendaraan pemadam kebakaran bandara. (stenly sajow)