Wagub Kandouw Melayat ke Rumah Duka Jurnalis Senior Aristides Katoppo

oleh -24 Dilihat
Wakil Gubernur Steven Kandouw saat memberikan penghormatan terakhir di rumah duka Almarhum Arisrides Katoppo. (Ist)

MANADO – Wakil Gubernur Steven Kandouw meluangkan waktu untuk melayat ke rumah duka Almarhum Aristides Katoppo di Jakarta, belum lama ini.

Almarhum merupakan salah satu jurnalis senior yang karyawanya banyak memberikan referensi bagi pemerintah terutama soal lingkungan hidup.

Kandouw mengatakan, dirinya harus memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum sebelum dikebumikan.

Dia biasa memanggil almarhum dengan sebutan Opa Tides.

“Selamat jalan Opa Tides,” ucap Mantan Ketua DPRD Sulut tersebut.

Kandouw menuturkan, baginya Aristides adalah tokoh jurnalis nasional. Pasalnya, almarhum lewat karya-karyanya banyak memberikan pengertian atau referensi bagi pemerintah di berbagai hal.

“Salah satunya, almarhum punya apresiasi terhadap lingkungan hidup,” ujarnya.

Kandouw menyebut, sosok almarhum yang berintegritas dan mempunyai jiwa peduli dalam pembangunan mesti menjadi panutan generasi saat ini.

“Patut dicontoh anak-anak bangsa, terutama jurnalis-jurnalis milenial supaya punya karakter,” ungkapnya.

Sekedar diketahui, wartawan senior Aristides Katoppo, atau yang akrab disapa Tides, meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, Minggu (29/9/2019).

Rencananya, jenazah almarhum akan dibawa ke rumah duka di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Kemudian, jenazahnya akan dikremasi pada Selasa (1/10/2019). Aristides merupakan pemimpin redaksi pertama setelah Sinar Harapan kembali terbit pada 2001. Koran sore tersebut sempat diberedel pemerintah Orde Baru pada 1986. (rivco tololiu)