RSUD Provinsi Sulut Akan Dibangun 11 Lantai, Dilengkapi Helipad

oleh -
Tampak, desain bangunan RSUD Provinsi Sulut. (Ist)

MANADO – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan segera dibangun di 2019. Rumah sakit rujukan milik pemerintah ini akan dilengakapi dengan Helipad (Tempat Pendaratan Helikopter).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Daerah (PUPRD) Sulut, Steve Kepel mengatakan, RSUD Provinsi akan dibangun setinggi 11 lantai.

“Persiapan pembangunan sudah dilakukan. RSUD ini terletak di jalan Bethesda atau kawasan RSJ Ratumbuysang,” tuturnya, Senin (7/10/2019).

Dijelaskan Kepel, RSJ Ratumbuysang nanti akan dipindahkan ke Kalasey, Minahasa. Pun bangunan rumah sakit lama satu per satu mulai dirobohkan alat berat, begitu juga perumahan di bagian belakang sudah duluan rata tanah.

Peletakan batu pertama RSUD tersebut akan secepatnya dilakukan,” terangnya.

Lanjut dia, RSUD akan menyiapkan sedikitnya 376 kamar untuk pelayanan pasien nantinya. Pembangunan akan ditargetkan tuntas pada tahun 2020.

“RSUD ini diprediksi akan menelan anggaran Rp300 miliar. Anggarannya sudah ada dari pinjaman dari SMI,” tuturnya.

Kepel mengungkapkan, semua bangunan di sekitaran RSJ Ratumbuysang sekarang akan kena perombakan, kecuali bangunan lima lantai yang sudah berdiri akan dipertahankan.

“Bangunan itu sempat mangkrak. Tetapi akan dibangun kembali. Nanti juga aka nada bangunan khusus laboratorium,” ungkapnya.

Wakil Gubernur Steven Kandouw sebelumnya berujar, pembangunan RSUD Provinsi Sulut bertujuan membantu masyarakat khususnya dalam pelayanan rujukan dari kabupaten/kota.

“Sekarang hampir semua rumah sakit di Manado selalu full. Itu lantaran banyak warga yang dirujuk ke sini. Kalau sudah ada RSUD Provinsi, tentu warga akan sangat terbantu,” ujarnya.

Sejumlah masyarakat pun berharap pembangunan RSUD Provinsi bisa secepatnya dilakukan yang kemudian dioperasikan. Menurut warga, penambahan rumah sakit sangat penting menyikapi bertambahnya populasi manusia di Provinsi Sulut.

“Warga setiap hari bertambah. Fasilitas pelayanan seperti rumah sakit harus juga ditambah. Apalagi yang melayani pasien rujukan, itu menjadi sangat penting bagi masyarakat,” ungkap Servie Makarawung, warga Minahasa.

Menurutnya, fasilitas yang cukup canggih dipersiapkan di RSUD Provinsi Sulut akan sangat membantu masyarakat. Apalagi sudah dipersiapkan Helipad.

“Itu sudah dirancang untuk rumah sakit masa depan. Seperti di Negara lain, setiap rumah sakit sudah difasilitasi tempat pendaratan helikopter. Kita juga berharap para dokter dan tenaga medis yang ditempatkan bisa maksimal melayani masyarakat,” tandasnya. (rivco tololiu)