DAW: Bisnis Sparepart Sepeda Motor Honda Sangat Menjanjikan

oleh
Part Dealer Gathering yang dihadiri sekira 100 dealers di Hotel Aryaduta Manado, Sabtu, 26/10/2019. Part Dealer Gathering kali ini mengangkat tema “Change to Acceleration”. KORAN SINDO MANADO

MANADO—PT Daya Adicipta Wisesa (DAW) menjamin bisnis sparepart sepeda motor Honda di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) masih sangat menjanjikan.

Hal itu diterangkan Marketing Division Head PT DAW, Handi Tanuberata disela Part Dealer Gathering yang dihadiri sekira 100 dealers di Hotel Aryaduta Manado, Sabtu, 26/10/2019. Part Dealer Gathering kali ini mengangkat tema “Change to Acceleration”.

Seperti diketahui, PT. Daya Adicipta Wisesa. Main Dealer Sepeda Motor Honda & Sparepart Honda di wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara.

“Kami sangat yakin bisnis sparepart sepeda motor Honda akan panjang, pasalnya penjualan sepeda motor honda di bumi Manado terus menanjak,” ujar Handi.

Handi mengatakan, dari tema Change to Acceleration diharapkan dapat menambah semangat para dealer untuk terus mendominasi penjualan sparepart. “Kita harus berubah supaya bisa terus berakselerasi,” paparnya.

Berdasarkan data internal, penjualan unit sepeda motor Honda di wilayah DAW terus mengalami peningkatan. Di mana pada 2015 mencapai 39.239 unit, 2016 41.201 unit, 2017 40. 925 unit, 2018  50.604 unit, dan pada Oktober 2019 sudah menyentuh 55.000 unit.

Dari data tersebut menunjukkan, sales volume DAW tumbuh 4,58% di YTD Juni 2019 melampai pertumbuhan pasar 2,91% .

Tak hanya itu, untuk Honda Genuine Parts (HGP), tren penjualan DAW dalam lima tahun terakhir menjukan tren positif.

Part Sales Dept Head PT DAW Cleve Wanget menerangkan, penjualan sepeda motor DAW terus naik dari tahun ke tahun. Maka tidak salah pada dealer menanamkan modal di bisnis sparepart Motor Honda.

“Penjualan terus naik, jadi tidak salah berbisnis di sini. Karena semakin banyak motor maka permintaan sparepart juga akan meningkat,” terangnya.

Pihaknya memprediksi,  ke depan penjualan sepeda motor Honda akan terus menanjak. Hal ini akan diikuti dengan naiknya permintaan sparepart. Bahkan dinilainya tahun depan penjualan unit sepeda motor Honda di wilayah DAW akan terus menunjukkan tren positif. “Tahun depan juga akan naik,” ujarnya.

Untuk tahun depan kata dia, tren penjualan sparepart akan didominasi 10 item. “Untuk 2019, DAW akan fokus pada produk tire, AHM parts, electrical parts, accesories, battery, brake, drive chain kit, piston kit, drive belt, dan busi,” tuturnya.

Untuk memanjakan pelanggan, pihaknya juga akan terus menggelar program promosi, serta berbagai strategi inovatif lainnya.  (stenly sajow)