Peran PLN UP2D Suluttenggo Jaga Kontinuitas Pasokan Listrik

oleh -
UP2D Suluttenggo sebagai Unit Pelaksana dibawah PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Suluttenggo memiliki peran menjaga pengoperasian pasokan listrik 20 KV. Istimewa

MANADO—PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Suluttenggo sebagai Unit Pelaksana dibawah PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Suluttenggo memiliki peran menjaga pengoperasian pasokan listrik 20 KV.

“Peran itu agar terjaga kontinuitas dan kualitas suplai listrik tersebut sampai ke pelanggan PLN,” ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Suluttenggo Christyono, Rabu, 20/11/2019.

Menurut dia, PLN UP2D Suluttenggo juga memiliki Unit yang mengoperasikan suplai listrik 20 KV di Propinsi Sulawesi Tengah yang berkedudukan di Kota Palu. Yakni Opsis dua yang memiliki peran mengoperasikan sistem 20 KV secara 24 jam.

Pengaturannya dilakukan di ruangan Distribution Center dengan beban Puncak Sistem Sulawesi Tengah sebesar 135 MW, saat ini Opsis dua PLN UP2D Suluttenggo mengoperasikan asset berupa, Gardu Induk Sistem Grid Sulawesi Tengah berjumlah enam (Semua sudah integrasi SCADA). Gardu Hubung Sistem Grid Sulawesi Tengah berjumlah 16. GH terintegrasi SCADA berjumlah lima. LBS terintegrasi SCADA berjumlah 21. Recloser terintegrasi SCADA berjumlah 10. Penyulang 20 KV berjumlah 32. Section Proteksi 20 KV berjumlah 46

“Dengan adanya Opsis dua maka koordinasi dan pelaksanaan pekerjaan dalam menjaga pasokan listrik 20 KV di Propinsi Sulawesi Tengah khususnya kota Palu akan lebih baik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan PLN yang ada di Propinsi Sulawesi Tengah terlebih khusus yang ada di Kota Palu,” tuturnya. (stenly sajow)