Dukung Ekonomi Sulut, PLN Bangun Infrastruktur Kelistrikan

oleh -
PT PLN (Persero)  siap memenuhi kebutuhan listrik masyarakat melalui pembangunan infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara (Sulut). Istimewa

MANADO—Penugasan yang diberikan oleh Pemerintah kepada PT PLN (Persero) untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat melalui pembangunan infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara (Sulut).

Sehingga menjadi komitmen bersama antara PLN dengan Pemerintah Provinsi Sulut sekaligus menindaklanjuti Nota Kesepahaman (MoU) yang sudah ditandatangani oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Kalimantan Syamsul Huda.

General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo  Christyono, mengatakan bahwa Komitmen untuk mewujudkan hadirnya infrastruktur ketenagalistrikan ini seperti yang dilakukan oleh PLN di provinsi Sulut. Hal ini tidak lain adalah untuk memenuhi kebutuhan suplai listrik jangka panjang serta ikut mendukung pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara sehingga tidak ada hambatan.

“Tugas PLN adalah menghadirkan infrastruktur ketenagalistrikan. Selain untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat, juga adalah untuk ikut mendukung kegiatan investasi di daerah demi tumbuhnya perekonomian,” ujar Christyono, Rabu, 27/11/2019.

Executive Vice President Perencanaan Sistem, Adi Priyanto mengatakan, pada Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2019 – 2028 dilakukan proyek Transmisi dan Gardu Induk untuk mendukung suplai  dan demand sehingga ada keseimbangan. “Sebagai bukti bahwa kami siap mendukung penuh untuk pembangunan di Sulut dengan Pembangunan Infrastruktur Kelistrikan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kota Bitung dan PLN siap ekspansi 90MW,” paparnya.

Sementara itu, Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan, M. Rudy Mokoginta sebagai perwakilan Pemerintah Provinsi Sulut mengatakan,  dengan Sinergi yang baik antara PLN dan Pemerintah pasti Semua Perencanaan Pembangunan di Sulut akan berjalan dengan baik karena support dari PLN. “Pemerintah daerah  akan lebih meningkatkan komunikasi antara PLN dengan Instansi Pemerintahan terkait dan saling support sehingga pembangunan infrastruktur PLN sesuai dengan Kebutuhan Provinsi Sulut,” terangnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Manajemen PLN yaitu Executive Vice President Pengembangan Regional Sulawesi, Suwarno, bersama jajaran Vice President Regional Sulawesi dan staf,  General Manager PT PLN (Persero) UIP Sulbagut Mimin Insani, Para Senior Manager PLN, Serta Perwakilan Instansi Pemerintahan yang ada Provinsi Sulut. (stenly sajow)