Peringati Hari Ibu ke-91, Wagub Ingatkan Soal KDRT

oleh -
Wagub Steven Kandouw bersama Pangdam Mayjen TNI Tiopang Aritonang, Kapolda Sulut Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto dan Danlanudsri Kolonel Pnb Johnny Sumaryana, Karo Kesra Kartika Devi Tanos mengikut jalan sehat bersama. (ist)

MANADO – Wakil Gubernur Steven Kandouw  dan Wakil Ketua TP PKK Sulut dr Kartika Devi Tanos mengikuti event Jalan Sehat Keluarga dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-91 di kawasan Megamas, Manado, Sabtu (7/12/2019).

Kegiatan ini diikuti ribuan masyarakat yang juga turut dihadiri Pangdam XIII/Merdeka Mayjen Tiopang Aritonang Kapolda Sulut Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto, Danlanudsri Kolonel Pnb Johnny Sumaryana, serta berbagai instansi pemerintahan.

Pada kesempatan itu, Wagub Kandouw mengingatkan pentingnya peran seorang ibu sebagai sumber inspirasi dalam keluarga. Tambah dia, keluarga adalah institusi paling dasar dan penting untuk membangun sumber daya manusia unggul demi Indonesia maju.

“Masa depan bangsa dan daerah kita itu ditentukan oleh pendidikan yang bermula dari keluarga. Dan peran seorang ibu sangat penting, karena dia memberikan inspirasi,” ucap Wagub Kandouw.

Disamping itu, dia juga menyayangkan masih terjadinya kasus tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak. Dirinya mewarning bahwa setiap kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang dilaporkan harus ditindaklanjuti pihak berwenang.

Untuk itu, Kandouw mengimbau seluruh masyarakat Sulut untuk menghormati peran masing-masing dalam keluarga.

“Kalau ada kesadaran masing-masing di dalam keluarga maka kekerasan dalam rumah tangga dapat diantisipasi. Sebab, akibat dari kekerasan dalam rumah tangga itu ada konsekuensi hukumnya,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Biro Kesra Setdaprov Sulut, dr Kartika Devi Tanos menegaskan bahwa Hari Ibu ke-91 menjadi momentum untuk menghapus diskriminasi terhadap perempuan.

“Ini harapan kita bersama agar kekerasan terhadap perempuan, trafficking dan perlakuan diskriminatif terhadap perempuan dapat dihapuskan. Tidak mudah, kita butuhkan kerja sama dan peran dari semua pihak,” ujar Devi.

Diketahui, usai jalan sehat keluarga yang mengambil lokasi start dan finish di dalam kawasan Megamas ini dilanjutkan dengan senam poco-poco dan penarikan door prize dengan berbagai hadiah menarik diantaranya sepeda motor, sepeda, dan alat elektronik lainnya. (rivco tololiu)