Ismail Susun Indeks Kerawanan Pilkada 2020, Peran Media, Ormas, LSM dan OKP Penting dalam Pengawasan

oleh -
Pimpinan Bawaslu Minut, Rahman Ismail. (FOTO: Valentino)

AIRMADIDI- Pimpinan Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Rahman Ismail susun Indeks Kerawanan Pilkada (IKP) 2020, pun adalam penyusunan ada beberapa persoalan, salah satunya terkait dengan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan netralitas penyelenggara Pilkada.

“Kemudian soal relasi kuasa pada politik lokal, pastinya ada pertarungan elite di tingkat lokal yang nantinya bisa berpengaruh terhadap netralitas ASN tadi,” terang dia, saat menyampaikan materi pada rakor bawaslu bersama media, OKP, LSM dan Ormas di Hotel Sutaraja Minut, Sabtu (28/12/2019). Diketahui kegiatan dilangsungkan 27-29 Desember 2019.

Lanjut dia, ada juga perihal politik uang yang masih berpotensi terjadi. Kemudian politik identitas yang diperkirakan menguat pada pilkada tahun depan.

“Kemudian ada juga pada bentuk kampanye sosial media, sebab itu peran media, OKP, Ormas dan LSM sangat penting untuk membantu pengawasan agar bisa melakukan pencegahan terhadap kerawanan-kerawanan nantinya,” harap dia.

Dia menjelaskan, Kabupaten Minut terletak pada posisi yang strategis, diapit dua kota Bitung-Manado dengan multikarakternya. Kondisi Masyarakatnya ada berbasis masyarakat adat, pendatang dan pesisir yang mempengaruhi pola pelaksanaan partisipasinya.

“Pilkada penuh konflik bahkan peta dinamika Pilkada lebih tinggi dari Pemilu. Terlaksananya pemilu yang berintegritas, bebas, adil atau tidak adil di butuhkan peran media, sebagai monitoring kontrol pada pemilu yang bebas dan adil,” pungkas dia. (valentino warouw)