Tunjang Program SDM Unggul, Biro Kesra Inisiasi Pemeriksaan Kesehatan Rutin ASN

oleh -
Tampak, Karo Kesra dr Kartika Devi Tanos saat memeriksakan kesehatannya. (Ist)
MANADO – Biro Kesejahteran Rakyat (Kesra) Setdaprov Sulawesi Utara (Sulut) menginisiasi pemeriksaan kesehatan rutin Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Gubernur Sulut, Kamis (16/1/2020).
Pemeriksaan kesehatan gratis tersebut bekerja sama  dengan Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Provinsi Sulut yang melibatkan tim kesehatan dari dokter dan perawat.
Pemeriksaan terpantau dimulai awalnya dari ASN di lingkup Biro Kesra. ASN pun terlihat antusias memeriksakan kesehatannya.
Kepala Biro Kesra Setdaprov Sulut dr Kartika Devi Tanos mengatakan, pemeriksaan kesehatan rutin ASN sangat penting dalam menunjang kinerjanya.
“Ini salah satu upaya menunjang Program Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul di Pemprov Sulut yang dimulai dari Biro Kesra. Nantinya akan berlanjut di perangkat daerah baik di dalam dan di luar Kantor Gubernur Sulut,” kata Devi.
Dia menyebut, adanya pemeriksaan kesehatan rutin seperti cek gula darah, kolesterol, lingkar perut dan lainnya, akan sangat membantu ASN untuk mengetahui dan mencegah gejala atau potensi penyakit di tubuhnya.
“Dokter yang memeriksa langsung memberikan obat. ASN juga diberikan pemahaman untuk menghindari penyakit seperti tahu mengatur pola makan dan sebagainya,” ungkapnya.
Devi menuturkan, pemeriksaan kesehatan rutin ini akan dilakukan kedepan setiap Rabu dan Jumat. Pemeriksaan kesehatan ini juga secara rutin akan disampaikan ke pimpinan.
“Kalau tubuh sehat pastinya kita akan bekerja dengan baik dan maksimal. Ini salah satu upaya menunjang program SDM Unggul yang juga menjadi program prioritas Pemerintah Pusat dan Pemprov Sulut. SDM Unggul, Sulut Hebat, Indonesia Maju!,” tandasnya. (rivco tololiu)