Perekrutan Panwaslu Kelurahan/Desa Segera Dibuka, Bawaslu Minut Mulai Persiapan

oleh
Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy. (ist)

AIRMADIDI- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) membutuhkan sebanyak 132 Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) tingkat desa dan kelurahan

“Kami akan segera mengumumkan ke masyarakat, pendaftaran dimulai 10-16 Februari 2020 nanti,” ujar Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy, kepada media, Jumat (31/1/2020).

Lanjut dia, pendaftaran dan penerimaan berkas, kelengkapan berkas persyaratan administrasi, pemeriksaan keabsahan dan legalitas, hingga pelaksanaan tes wawancara, dijadwalkan dari tanggal 16 hingga 22 Februari 2020 mendatang.

“Hanya saja, proses perekrutan Panwaslu di kelurahan dan desa ini akan dilaksanakan oleh Panwaslu Kecamatan wilayah masing-masing. Perekrutan dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan. Tiap kelurahan dan desa akan ditempatkan satu orang Panwaslu Kecamatan,” beber dia.

Lanjut dia, Simon mengutarakan, pengawas tingkat desa dan kelurahan sendiri dalam Pilkada tahun 2020 ini. Mereka turut membantu proses pengawasan yang dilakukan oleh panwaslu Kecamatan.

“Ada beberapa hal yang menjadi tugas panwaslu di tingkat desa dan kelurahan nantinya. Misalnya, seperti pemuktahiran data pemilih berdasarkan data kependudukan dan penetapan Daftar Pemilihan Sementara (DPS), Daftar Pemilihan Hasil Perbaikan (DPHP), dan Daftar Pemilih Tetap (DPT),” beber dia. (valentino warouw)