Tour and Travel Revolution Sukses Gelar Seminar di Manado

oleh -
Dezrali Raoza saat memaparkan materi seminar di Hotel Aston, Minggu (9/2). (FOTO: Ilona Piri)

MANADO— Tour and Travel Revolution (TTR) sukses mengadakan seminar dan pelatihan bisnis di Manado, Minggu (9/2). Mengambil tema “Cara Mudah dan Sukses Bisnis Tour and Travel,” Seminar yang digelar di Hotel Aston Manado tersebut dipimpin oleh TTR Cabang Pekanbaru, Dezrali Raoza, sebagai pemateri.

Dalam seminar, Raoza membagikan kiat sukses membuka bisnis khususnya tour and travel. “Yang paling penting juga membangun brand, dalam seminar kali ini untuk menjadi travel agent yang baik dimulai dengan hal itu,” papar wanita yang juga owner Aryza Tour and Travel ini.

Raoza mengatakan, dirinya memilih memakai brand Aryza karena merupakan akronim dari nama anak-anaknya. Bekerja sebagai travel agent juga disyukuri dirinya karena bisa mendapatkan beragam kemudahan, selain bonus plesiran yang didapat, keuntungan lain menjadi travel agent adalah fleksibilitas dalam bekerja.

Kepada peserta seminar, Raoza mengungkapkan bagaimana dirinya bisa bekerja tanpa batas waktu dan dibatasi ruangan. Dirinya membuktikan bisnisnya tetap berjalan dengan baik selama bisa berinovasi dalam bekerja, serius mengelola, dan yakin berhasil. Raoza juga memaparkan tantangan yang harus dilalui saat membuka travel tour pribadi.

“Tantangannya banyak, pertama biaya perizinan yang cukup besar belum lagi menghadapi deposit, target, dan persaingan dengan online. Yang ketiga trial and error untuk menemukan formula yang tepat,” pungkasnya.

Dia mengatakan, saat ini bisnis sektor pariwisata tengah digemari, terlebih pemerintah telah menetapkan pariwisata sebagai leading sector. Namun memiliki bisnis travel agent harus siap dengan persaingan dengan menciptakan beragam inovasi baru. Jika tidak maka bisa tutup seperti yang dialami banyak agen travel yang tak mampu bersaing.

Peserta tampak antusias mengikuti sejumlah sesi materi seminar. Peserta juga mendapatkan buku Tour and Travel Revolution yang merupakan best seller nasional, dan sejumlah door prize menarik. (Ilona Piri)