OD-SK Beri Penghormatan Terakhir kepada Almarhum Laksma TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta

oleh
Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw bersama Sekdaprov Edwin Silangen datang melayat dan memberi penghormatan terakhir kepada Almarhum Danlantamal VIII Manado di Surabaya. (Ist)

MANADO – Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) bersama Sekdaprov Edwin Silangen datang melayat ke rumah duka Almarhum Danlantamal VIII Manado, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta di Surabaya, Jawa Timur,Kamis (27/2/2020).

OD-SK saat memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum, turut didampingi Ketua TP PKK Sulut Rita Tamuntuan, Wakil Ketua TP PKK Sulut dr Kartika Devi Tanos dan Ketua Dharma Wanita Provinsi (DWP) Sulut Ivone Silangen.

Gubernur Olly mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan masyarakat di Bumi Nyiur Melambai mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya atas berpulangnya Almarhum Laksma TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta ke pangkuan Bapa di Surga.

“Beliau orangnya sangat baik. Sangat mudah berkoordinasi dan bersinergi dalam menunjang program pemerintah daerah. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan dari Tuhan,” ungkap Gubernur Olly.

Almarhum Laksma Jonias sebelum dimutasi ke Surabaya sebagai Wakil Komandan Kodiklatal, bertugas di Sulut sebagai Komdan Lantamal VIII,  dan tinggal menunggu penyerahan komando ke Danlantamal yang baru.

Wadantamal VIII Manado Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo menuturkan, keluarga besar Lantamal VIII Manado, sangat merasa kehilangan atas meninggalnya Danlantamal.

“Beliau baik kepada kami dan kepada anak buahnya. Beliau orangya familiar, sehingga nama beliau baik di Sulut,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, almarhum sekarang sudah menyelesaikan tugasnya di dunia ini. “Apapun itu, tetap harus diaminkan, karena Tuhan pasti punya rencana terbaik,” ungkapnya.

Menurut informasi, almarhum sebelum berpulang sempat lari siang di seputaran Markas Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Surabaya, Rabu (26/2). Almarhum kala itu jatuh dan tak sadarkan diri.

Sempat mendapatkan perawatan intensif di Satkes Kodiklatal Surabaya, namun akhirnya menghembuskan nafas terakhir, pukul 15.15 WIB.

Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, lahir di Solo, Jawa Tengah pada 1965 silam. Almarhum merupakan seorang perwira tinggi TNI Angkatan Laut lulusan Akademi Angkatan Laut angkatan-33 tahun 1988 dari Korps Pelaut dan sempat mengenyam pendidikan Command Staff College di Australia. (rivco tololiu)