Buku Profil Kesehatan Disusun, Pemda Selaraskan Pendataan

oleh
Kepala Dinkesda Sulut dr Debie Kalalo didampingi Kabid Promkes dr Rima Lolong saat pertemuan bersama perwakilan dinas kesehatan di kabupaten/kota. (Ist)

MANADO – Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tengah menyusun Buku Profil Kesehatan Provinsi yang melibatkan instansi terkait di pemerintah daerah (pemda) di kabupaten/kota.

Kepala Dinkesda Sulut dr Debie Kalalo mengatakan, penyusunan Buku Profil Kesehatan Provinsi sangat relevan dengan program pembangunan kesehatan.

“Karena dengan tersediannya profil kesehatan yang baik, akan menjadi dasar dalam perencanaan pembangunan kesehatan itu sendiri. Serta berfungsi juga bagi proses pengambilan keputusan,” ungkap Kalalo saat melakukan pertemuan bersama dinas kesehatan dari kabupaten/kota, Rabu (11/3/2020).

Menurutnya, di era sekarang ini kebutuhan terhadap data dan informasi kesehatan yang akurat dengan akses yang cepat dan mudah semakin meningkat.

Kata dia, hal ini didasari bahwa data dan informasi kesehatan sangat berguna sebagai masukan dalam proses pengambilan keputusan dan meningkatkan manajemen program pembangunan kesehatan.

“Pembahasan data-data yang terdapat dalam lampiran profil kesehatan kabupaten/kota, dan membandingkan dengan data-data yang diterima dari program, agar terjadi sinkronisasi data yang akhirnya terwujud Buku Profil Kesehatan yang akurat dan berkualitas,” tuturnya.

Olehnya, lanjut Kalalo, diperlukan keterpaduan sistem informasi kesehatan secara nasional yang dimulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, bahkan di sarana pelayanan kesehatan dasar dan lanjutan, serta dari masyarakat pada umumnya.

“Buku Profil Kesehatan sebagai salah satu alat publikasi data dan informasi diharapkan dapat menyediakan data yang mendukung pengambilan keputusan baik di daerah maupun di pusat,” tandasnya. (rivco tololiu)