Kualitas Pengawas Tingkat Kecamatan Penting Malonda Minta Ditingkatkan

oleh
Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda mengahadiri Bimbingan teknis Peningkatan SDM Panwaslu kecamatan se- kabupaten Minahasa di Tasik Ria Resort Minahasa, Rabu (11/3/2020). (FOTO: Ist)

MANADO- Kualitas pengawasan pada tingkat kecamatan adalah hal yang sangat penting untuk melakukan pengawasan di Pilkada 2020 hingga berjalan dengab baik.

“Kualitas panwaslu kecamatan merupakan hal yang sangat penting agar proses pengawasan pemilihan Gubernur Sulut 2020 lebih maksimal dan efektif,” ujar Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda, kepada wartawan, Kamis (12/3/2020).

Menurut dia, hal tersebut telah disampaikan pada Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan SDM Panwaslu kecamatan se- kabupaten Minahasa di Tasik Ria Resort Minahasa, Rabu (11/3/2020).

“Panwaslu Kecamatan juga harus memahami tugas, wewenang, dan kewajiban yang di atur dalam Undang Undang serta memahami dan mempraktekan kode etik dan pedoman prilaku penyelenggara,” ujar mantan Sekretaris P/KB Sinode GMIN itu.

Sebelumnya, dalam kegiatan bimbingan teknis yang diselenggarakan Bawaslu Kabupaten Minahasa diikuti oleh 125 peserta dengan menghadirkan para narasumber yang berkompeten.

Turut hadir sebagai pemateri dalam acara bimtek yang dilaksanakan selama tiga hari 9-11 maret 2020 Pimpinan Bawaslu Sulut Kenly Poluan, Akademisi UNIMA Doktor Johny Taroreh, Angota KPU Minahasa Rendy Suawa dan Peter Mawitcere, Ketua Bawaslu Minahasa Rendy Umboh dan Anggota Bawaslu Minahasa Erwin Sumampow. (Valentino Warouw)