Pemprov Sulut Luncurkan Portal Informasi Covid-19

oleh -
Kantor Gubernur Sulut. (Ist)

MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) meluncurkan Portal Informasi Covid-19 dengan mengakses corona.sulutprov.go.id  untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait perkembangan kasus virus korona di Bumi Nyiur Melambai.

Kepala Dinas Komunikasi Informatikan Persandian dan Statistik (Kominfo) Christiano Talumepa melalui Kabid Informasi dan Komunikasi Publik, Ivonne Kawatu mengatakan, portal informasi lewat corona.sulutprov.go.id akan memberikan laporan up date kepada masyarakat terkait Covid-19 yang sedang ditangani.

“Baik itu warga yang positif, Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), semuanya akan diketahui berapa banyak atau jumlahnya lewat portal tersebut,” ungkap Kawatu, Minggu (22/3/2020).

Dia menjelaskan, data tersebut diambil dari data yang dimiliki Satgas Covid-19 yang di-up date setiap harinya. Kata Ivonne, masyarakat yang ingin mengetahui perkembangan Covid-19 di daerah ini bisa mengakses portal tersebut.

“Pemprov Sulut terus all out menangani dan mengantisipasi penyebaran virus korona. Termasuk di dalamnya memberikan informasi terkait perkembangan Covid-19 di Sulut,” tuturnya.

Terpisah, Sekretaris Covid-19 dr Steaven Dandel mengatakan, sejauh ini pihaknya mencatat ada penambahan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan jumlah totalnya sebanyak 11 orang.

“Mereka saat ini dirawat di ruang isolasi rumah sakit. Pihaknya kami juga terus memantau warga yang bersatatus Orang Dalam Pengawasan (ODP) yang saat ini tersebar di sejumlah kabupaten dan kota,” tuturnya.

Dandel mengakui, dalam memerangi virus korona sangat penting adanya paritispasi nyata dari masyarakat yang bisa bersama memutus mata rantai penyebaran virus korona.

“Semakin banyak warga yang sadar dan merespon, tentu ini upaya yang sangat baik mencegah penyebaran virus korona di daerah ini. Warga kiranya bisa melakukan penerapan social distancing dengan menghindari tempat-tempat ramai atau kerumunan orang, tidak keluar rumah jika tidak bersifat penting, jaga jarak, menjaga kebersihan tubuh dan kesehatan,” tukasnya. (rivco tololiu)