RSUD Talaud Rawat Satu Pasien Dalam Pengawasan Covid-19

oleh -
Dokter Steaven Dandel. (FOTO:Rivco Tololiu)

MANADO- Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Sulawesi Utara (Sulut) menyatakan terdapat satu pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di RSUD Talaud.

Juru Bicara Satgas Covid-19, dr Steaven Dandel mengatakan, pasien tersebut tidak dirujuk ke RSUD Prof Kandou karena RSUD Talaud sudah ditunjuk sebagai rumah sakit penunjang rujukan untuk penyakit infeksi emerging, salah satunya penyakit Covid-19 (virus korona) ini.

“Yang kita rujuk ke RSUD Prof Kandou sebagai pusat rujukan adalah mereka yang terindikasi memerlukan perawatan intensif seperti pakai ventilator atau ada gejala gangguan pernapasan yang berat” paparnya

Lanjut Dandel, untuk tenaga medis di RSUD Talaud cukup memadai karena terdapat dokter spesialis penyakit dalam. “Dan analis laboratoriumnya kami sudah latih juga bagaimana cara mengambil sampel,” tukasnya.

Dia juga menyatakan bahwa tidak diperlukan keahlian khusus untuk melakukan perawatan pada pasien PDP tersebut. “Kecuali kalau dia (pasien) memerlukan perawatan tambahan karena ada distres pernapasan seperti pneumonia yang perlu ventilator, tetapi kalau gejalanya tidak parah, ya dirawat seperti penyakit biasanya” pungkas Dandel. (Fernando Rumetor/tr-02)