Satgas Covid-19 Sulut Segera Distribusikan 3.000 APD ke Rumah Sakit Rujukan

oleh -
Satgas Covid-19 Sulut saat menerima APD yang diangkut Pesawat Hercules di Bandara Sam Ratulangi Manado. (Ist)
MANADO – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan segera mendistribusikan 3.000 Alat Pelindung Diri (APD) ke semua rumah sakit rujukan di kabupaten/kota.
Ketua Satgas Covid-19 Sulut, dr Debie Kalalo mengatakan, pihaknya sudah menerima ribuan APD yang dikirim dari pusat menggunakan Pesawat Hercules TNI Angkatan Udara (AU) di Bandara Sam Ratulangi Manado.
“Kami terima dalam kondisi baik. Sekira 3.000 APD ini akan segera didistribusikan ke semua rumah sakit rujukan dan penunjang dalam penanganan pandemik virus korona,” ungkap Kalalo, Kamis (26/3/2020).
Dia menjelaskan, APD ini memang sangat mendesak diperlukan para tenaga medis yang sedang menangani pasien di sejumlah rumah sakit.
“Syukur juga APD sudah mulai didistribusikan ke daerah ini. Lebih banyak yang tersedia, tentunya akan lebih baik dalam upaya penanganan Covid-19,” tukasnya.
Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel mengatakan telah mendistribusikan 800 APD untuk tenaga medis di rumah sakit rujukan.
“Terutama untuk memberi perlindungan maksimal kepada petugas kesehatan yang ada di garda terdepan,” tutur Dandel.
Menurut dia, APD ini merupakan set lengkap mulai dari pakaian hazmat, masker N95, sarung tangan, hingga sepatu boot.

“Sebagian sudah dijemput langsung oleh rumah sakit rujukan yang ada, tentunya ini untuk meminimalkan kekhawatiran dari teman-teman sejawat yang berjibaku di garda terdepan,” sambung Dandel.

Satgas Covid-19 Sulut berharap dengan adanya pendistribusian APD ini, pelayanan kepada masyarakat yang berkunjung setiap ke rumah sakit terkait segala gejala virus korona bisa lebih dimaksimalkan.

“Masyarakat harus tetap sabar, kita percaya dengan bekerja bersama-sama dan dengan pertolongan dari yang Maha Kuasa, masa-masa yang berat dan penuh tantangan ini kita bisa lewati bersama” bebernya. (fernando rumetor/rivco)