16 PDP Korona Tersebar di Tujuh Kabupaten/Kota Sulawesi Utara, Manado Minahasa dan Mitra Terbanyak

oleh -
Ketua Satgas Covid-19 Provinsi Sulut dr Debie Kalalo. (FOTO:VW)

MANADO- Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 16 orang, tersebar di Tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) hingga, Minggu (5/4/2020), Pukul 19.20 Wita. Masyarakat tetap waspada.

Ketua Satgas Covid-19 Provinsi Sulut dr Debie Kalalo mengatakan, PDP yang sedang dirawat ada 16 orang dengan rincian di RSUP Prof Kandou Manado 11 orang, RSUD Sam Ratulangi Tondano satu orang, RSUD Talaud satu orang, RSUD Pobundayan Kota Kotamobagu satu orang, RS Wolter Monginsidi Teling dua orang.

“Orang Dalam Pemantauan (ODP) 358 orang dari kemarin 386. Untuk positif covid-19 ada tiga orang, satu orang dua kali negatif spesimen. Jadi, total positif covid-19 yang dirawat dua orang,” ujar Kadis Kesehatan Sulut itu, saat konfrensi pers, Minggu (5/4/2020), Pukul 19.20 Wita

Lanjut dia, PDP yang sedang dirawat berdasarkan kabupaten/kota yakni, Kota Manado enam orang, Kota Kotamobagu satu orang, Kabupaten Minahasa tiga orang, Kabupaten Minahasa Tenggara dua orang, Kota Tomohon satu orang, Kabupaten Kepulauan Talaud satu orang, Kabupaten Minahasa Utara satu orang dan dari luar wilayah satu orang. (valentino warouw)

 

ODP (Orang Dalam Pemantauan)

1) Orang yang mengalami demam atau riwayat demam; atau gejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk DAN tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan DAN pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah yang melaporkan transmisi lokal

2). Orang yang mengalami gejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk DAN pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi COVID-19

 

PDP (Pasien Dalam Pengawasan)

1). Orang dengan gejala ISPA (≥38°C) atau ada riwayat demam DAN disertai gejala gangguan pernapasan seperti batuk / pilek / sakit tenggorok / sesak DAN ada riwayat bepergian ke daerah yang diyakini ada penularan lokal dalam 14 hari terakhir sebelum timbul gejala.

2). Orang dengan gejala demam (≥38°C) atau riwayat demam atau ISPA DAN dalam 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus positif COVID-19.

3). Orang dengan ISPA berat atau pneumonia berat pada area dengan penularan lokal yang membutuhkan perawatan rumah sakit DAN tidak ditemukan penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan.