Hindari Meminjamkan Gadget, Pakaian dan Kosmetik Agar Tak Terinfeksi Covid-19

oleh
Virus dapat ditularkan ketika seseorang dengan infeksi Covid-19 menyentuh permukaan, yang kemudian disentuh oleh orang yang sehat dan menyebabkan kontraksi virus. (FOTO: Istimewa)

MENCUCI tangan dengan benar dan sering, mengisolasi diri sendiri, serta menghindari kontak sosial adalah beberapa tips pencegahan terinfeksi Covid-19. Saat para peneliti dari berbagai belahan dunia masih berupaya menemukan vaksinnya, untuk saat ini menjaga jarak sosial benar-benar menjadi solusi terbaik.

Ketika mengkarantina diri di rumah, penting untuk dipahami bahwa virus korona dapat menyebar di antara orang-orang yang hidup bersama Anda. Virus ini bisa menyebar ketika orang sehat bersentuhan dengan tetesan dari bersin, batuk, atau ludah orang yang terinfeksi. Virus ini juga dapat ditularkan ketika seseorang dengan infeksi Covid-19 menyentuh permukaan, yang kemudian disentuh oleh orang yang sehat dan menyebabkan kontraksi virus.

Jika orang sehat menyentuh hidung, mata, dan mulut dengan tangan, virus dapat masuk ke dalam tubuh lalu menyebabkan penyakit. Berbagi adalah bentuk kepedulian, tapi terkadang kurang bijak dilakukan ketika ancaman virus mematikan seperti saat ini sedang merebak.

Berikut adalah lima hal yang perlu Anda hentikan untuk berbagi dengan siapa pun di tengah wabah Covid-19, seperti dikutip dari laman Times Now News.

  1. Memakai Bersama Handuk dan Tisu

Setiap orang menggunakan handuk muka, tangan, dan tubuh beberapa kali sepanjang hari. Ketika seseorang menggunakan handuk atau tisu untuk membersihkan wajah, tubuh, maupun tangan, kuman dapat ditularkan melalui benda tersebut bila digunakan oleh orang lain. Berbagi handuk dan tisu tidak dianjurkan. Mengingat penyebaran infeksi Covid-19 yang cepat, menjadi lebih penting untuk kita berhati-hati.

  1. Berbagi Gadget

Ketika menggunakan ponsel, tablet, atau laptop, seseorang biasanya terlalu sibuk untuk memperhatikan keadaan sekitar. Dalam kasus seperti ini, kita cenderung lupa untuk mencuci tangan atau menggunakan antiseptik berbasis alkohol ketika bersin atau batuk. Akibatnya saat menyentuh ponsel, laptop, dan lain-lain, kuman dapat berpindah pada orang lain dan pada gilirannya dapat diambil oleh orang tersebut ketika ia menyentuh gadget yang sudah terpapar virus. Berhubung kebanyakan orang saat ini bekerja dari rumah, risiko penularan bisa berkurang. Tapi, pastikan Anda tidak menyentuh dan berbagi gadget dengan orang lain, dan jika melakukannya, cucilah tangan dengan benar sesegera mungkin.

  1. Pinjam-Meminjam Produk Wajah

Penting juga untuk memastikan tidak berbagi produk wajah dan kosmetik dengan siapa pun. Handuk wajah, krim, kuas makeup, dan beauty blender adalah beberapa item wajah yang tidak boleh dipinjamkan. Dan, pastikan semuanya tetap bersih.

  1. Sering Mengeluarkan Sanitizer

Meskipun boleh meminjamkan sanitizer pada orang lain yang membutuhkan, frekuensi yang digunakan seseorang untuk menggosok tangan, terutama ketika sedang berada di tempat umum, terbilang cukup tinggi. Karenanya, virus bisa menyebar dengan cepat sehingga kita masing-masing sebaiknya memang membawa sanitizer sendiri untuk menjaga diri ataupun orang lain tetap aman.

  1. Berbagi Pakaian

Berbagi pakaian dengan teman atau saudara bukan ide yang baik di tengah wabah Covid-19. Menurut sebuah penelitian, coronavirus dapat bertahan hidup di permukaan tertentu selama berhari-hari. Jadi, bahkan ketika anggota keluarga atau teman Anda tidak terinfeksi, mereka masih bisa berhubungan dengan seseorang yang terinfeksi. Mereka ini dapat membawa virus pada pakaian yang dikenakan dan bila Anda kemudian ikut memakainya, tentu berisiko tinggi mengalami infeksi. (Sindonews)