Asal Mula Tiga Karyawan Faskes di Manado Terjangkit Covid-19 Belum Diketahui

oleh
Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel saat memberikan laporan perkembangan Covid-19. (FOTO: Fernando Rumetor)

MANADO— Hingga saat ini, penyebab tiga karyawan di salah satu fasilitas kesehatan (Faskes) di Kota Manado terjangkit virus korona (Covid-19) masih menjadi pertanyaan. Informasi awal yang disampaikan oleh Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ialah ketiganya terdeteksi dari hasil rapid test yang reaktif kemudian dilakukan swab dan dinyatakan positif terjangkit Covid-19.

Namun, Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel membeberkan bahwa terdapat kontak erat resiko tinggi (KERT) dari salah satu karyawan faskes dengan seorang pelaku perjalanan dari daerah transmisi lokal dan saat ini orang tersebut telah dinyatakan positif terjangkit Covid-19 sebagai pasien ke-40 di Sulut. Pasien ke-40 tersebut perempuan usia 19 tahun.

“Kemudian kita harus bolak balik membangun hipotesa, apakah penularannya justru datang dari pelaku perjalanan sampai kemudian masuk ke dalam fasilitas kesehatan atau sebaliknya,” jelas Dandel saat konferensi video, Minggu (26/4/2020). Lanjut dia, hal ini merupakan pertanyaan epidemiologi yang sangat penting sehingga saat ini pihaknya masih terus berupaya mengembangkan investigasi yang komprehensif terkait karyawan faskes yang terjangkit virus korona tersebut. (Fernando Rumetor)