Bisa Disembuhkan! Tiga Pasien Lansia di Sulut Terbebas dari Virus Korona

oleh
dr Steaven Dandel. (FOTO: Fernando Rumetor)

MANADO— Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) meyakinkan masyarakat bahwa pasien virus korona  (Covid-19) dapat sembuh, bahkan mereka yang lanjut usia (Lansia) pun terbukti bisa sembuh.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel. Dia mengatakan bahwa tiga dari empat orang yang dinyatakan negatif pada Minggu (26/4/2020) merupakan lansia yang berumur di atas 70 tahun.

“Covid-19 adalah penyakit yang bisa sembuh, apabila daya tahan tubuh kita baik dan perawatan dilakukan secepat mungkin serta manajemen kasus dilaksanakan semaksimal mungkin, maka tidak semua kasus Covid-19 akan menjadi fatal,” tegasnya saat konferensi video, Senin (27/4/2020).

Dia mengatakan, kendati sebagian dari para lansia tersebut memiliki penyakit penyerta, namun mereka bisa dinyatakan sembuh karena hasil pemeriksaan dua kali laboratoriumnya menunjukkan hasil yang sudah negatif.

“Sisa 26 yang sementara dirawat di berbagai rumah sakit yang ada di Sulut, juga sebagian besar menunjukkan tanda-tanda gejala penyakit Covid-19 yang ringan, bahkan sebagian ada yang disebut orang tanpa gejala (OTG),” sambungnya.

Meski begitu, 26 orang yang dirawat tersebut harus dimasukkan ke ruang isolasi agar orang-orang tersebut tidak menjangkiti orang lain dan transmisi penyebaran Covid-19 bisa dikendalikan. “Berita baik itu yang ingin kami sampaikan ke masyarakat untuk menumbuhkan optimisme kita, sifat yang positif, bahwa Sulut mampu untuk mengendalikan penyebaran dari Covid-19,” imbuh Dandel. (Fernando Rumetor)