Dalam Waktu Dekat Lab Covid-19 di Sulut akan Diuji Coba

oleh
Kantor BTKLLP Kelas I Manado yang akan dijadikan tempat laboratorium pemeriksaan swab pasien Covid-19 di Sulut. (FOTO: Istimewa)

MANADO – Dalam waktu dekat laboratorium Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang letaknya di Balai Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLLP) Kelas I Manado, akan diuji coba.

Hal ini setelah reagen atau pereaksi kimia untuk uji sampel swab terinformasi telah tiba di Manado pada Senin (27/4/2020). “Kami berharap lab tersebut dapat secepatnya beroperasi. Karena ini yang menjadi harapan kami agar hasil sampel swab tidak dikirim lagi ke luar daerah, tetapi diperiksa di sini,” ungkap Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Sulit, dr Steaven Dandel.

Sebelum ada laboratorium mandiri, gugus tugas mengirimkan sampel ke fasilitas jejaring Laboratorium Covid-19 yang sudah dibuka. Namun kini penerbangan ke Makassar tidak ada lagi. Pengiriman sampel swab pada akhirnya akan dialihkan ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta.

Dandel mengatakan, sudah ada sampel yang dikirimkan ke Jakarta menggunakan pesawat kargo rute penerbangan dari Manado pada Sabtu (25/4) lalu. “Kami sudah bekerja sama dengan Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta untuk pemeriksaan sampel ke depan,” katanya.

Selain peralatan yang telah didatangkan, lanjut dia, seorang petugas laboratorium yang memiliki kemampuan melakukan pengaturan peralatan real time Polymerase Chain Reaction (PCR), sudah dipersiapkan.

“Nanti petugas lab ini yang akan uji spesimen sampel swab pasien,” tuturnya. “Ketika fasilitas BTKLPP Manado sudah difungsikan, Sulut bisa secara mandiri melakukan pemeriksaan Covid-19 dengan metode PCR untuk memastikan positif atau tidaknya seseorang terpapar virus korona (Covid-19),” sambungnya. (rivco tololiu)