Kontak dengan Pasien Positif, Dua Warga Sulut Terjangkit Virus Korona

oleh

MANADO- Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melaporkan bahwa hingga Jumat (8/5/2020), total pasien terkonfirmasi positif virus korona (Covid-19) di Sulut sebanyak 47 orang, bertambah dua orang.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel, setelah satu minggu Sulut tidak ketambahan pasien positif, hari ini pihaknya menerima hasil sampel yang menyatakan terdapat dua orang lagi yang dinyatakan positif di Sulut.

“Setelah tujuh hari kita mengalami pertumbuhan grafik yang flat, nah hari ini kita terkonfirmasi ada dua kasus positif tambahan,” ujarnya saat konferensi video bersama wartawan.

Berikut Rincian kedua pasien terkonfirmasi positif yang merupakan pasien ke-46 dan pasien ke-47 di Sulut:

1. Pasien 46: Laki-laki, 52, asal Manado, kontak erat resiko tinggi (KERT) dari pasien ke-41 yang sudah meninggal pada 30 April 2020 lalu.
2. Pasien 47: Laki-laki, 34, asal Kotamobagu, merupakan pelaku perjalanan dari acara keagamaan di Gowa, Sulsel.

“Hal ini membawa total kluster dari acara kegamaan di Gowa, Sulsel yang ada di Sulut menjadi total delapan kasus, dengan perincian tujuh (orang) di Kota Kotamobagu dan satu (orang) di Kabupaten Kepulauan Sangihe,” tukas Dandel.

Adapun, dengan ketambahan dua pasien positif Covid-19 tersebut maka hingga saat ini total pasien positif yang sementara dirawat di rumah sakit di Sulut sebanyak 26 orang. Sementara itu, terdapat 17 orang yang telah dinyatakan sembuh dan empat orang yang dinyatakan meninggal dunia.

“Di Sulut sekarang ada 26 kasus aktif, 26 orang itu di rawat di RSUP Prof Kandou dua orang, RSUD Kotamobagu tujuh orang, RS Wolter Mongisidi Teling delapan orang. RSUD Anugerah Tomohon dua orang, RSUD Liun Kendage satu orang, RS Siloam Paal 2 empat orang, RSUD Bolmut satu orang, dan RS Bhayangkara ada satu orang,” jelas Dandel. (Fernando Rumetor)