Enam Positif Covid-19 Baru di Sulut, Dua Orang Tenaga Medis

oleh
Dokter Steaven Dandel. (FOTO: Istimewa)

MANADO- Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kembali melaporkan bahwa hingga Sabtu (9/5/2020), total pasien terkonfirmasi positif virus korona (Covid-19) di Sulut sebanyak 53 orang, bertambah enam orang dari hari sebelumnya.

Berikut Rincian ke-6 pasien terkonfirmasi positif yang merupakan pasien ke-48 sampai dengan pasien ke-53 di Sulut:

1. Pasien 48: Perempuan, 1, asal Minahasa, tidak memiliki riwayat perjalanan dari daerah dengan transmisi lokal, orang tuanya memiliki mobilisasi yang cukup tinggi antara Manado dan Minahasa, ada tetangga yang baru datang dari daerah dengan transmisi lokal.

2. Pasien 49: Laki-laki, 29, asal Manado, tenaga kesehatan salah satu fasilitas kesehatan di Manado.

3. Pasien 50: Laki-laki, 30, asal Manado, tenaga kesehatan salah satu fasilitas kesehatan di Manado.
3. Pasien 51: Laki-laki, 54, asal Manado, tidak memiliki riwayat perjalanan dari mana pun.
4. Pasien 52: Perempuan, 50, asal Bolmut, tidak memiliki riwayat perjalanan dari mana pun.
5. Pasien 53: Laki-laki, 28, asal Boltim merupakan pelaku perjalanan dari daerah dengan transmisi lokal yakni Jakarta.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel, untuk pasien ke-48 yang merupakan seorang bayi, masih sementara dilakukan penyelidikan dari mana bayi tersebut terjangkit penyakit yang diakibatkan virus SARS-CoV-2 ini.

“Penyelidikannya berdasarkan kontak erat dari yang bersangkutan. Jadi kita akan cari dari kontak erat ini, baik yang ada di satu rumah maupun dari tetangga ini,” ujarnya saat konferensi video bersama wartawan.

Dandel membeber bahwa dari kontak erat tersebut akan dilakukan pengambilan swab dan akan ditentukan dari mana pasien ke-48 ini sebenarnya tertular covid-19.

Adapun dari total 53 pasien terkonfirmasi positif, 23 orang diantaranya masih sementara dirawat di rumah sakit, sedangkan 26 orang dinyatakan sembuh dan empat orang dinyatakan meninggal dunia. (Fernando Rumetor)