Dua Positif, Satu Tenaga Kesehatan dan Satu Warga Minut Tanpa Riwayat Perjalanan

oleh
Konferensi video, Senin (18/5/2020). (FOTO: Fernando Rumetor)

MANADO- Jumlah pasien terkonfirmasi positif yang menjadi bagian dari cluster Fasilitas Kesehatan (Faskes) B di Kota Manado terus bertambah. Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Senin (18/5/2020), terdapat total tambahan dua pasien positif di Sulut, satu diantaranya merupakan bagian clusster Faskes B di Kota Manado.

Berikut Rincian ke-2 pasien terkonfirmasi positif yang merupakan pasien ke-115 sampai dengan pasien ke-116 di Sulut:

1. Pasien 115: Laki-laki, 5, asal Minut, tidak memiliki riwayat perjalanan, masuk di rumah sakit awalnya sebagai pasien dalam pengawasan (PDP).
2. Pasien 116: Laki-laki, 24, asal Manado, merupakan bagian cluster Faskes B Manado.

Menurut Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel, hasil dari kedua pasien tersebut sebenarnya sudah ada sejak Sabtu (14/5/2020), tetapi baru terverifikasi dari Gugus Tugas Pusat dan baru diumumkan pada hari ini.

“Untuk faskes B Manado ini, kita terus melakukan penelitian apakah mereka betul tertular di rumah sakit atau justru karena kegiatan yang mereka lakukan di luar rumah sakit, dua hipotesa yang kami kembangkan bersama managemen faskes B ini,” ujarnya saat konferensi video bersama wartawan.

Hali ini disebabkan karena banyak tenaga kesehatan di Faskes B Manado tersebut yang terpapar Covid-19, kata Dandel, ialah mereka yang justru tidak masuk ke ruang isolasi dan merawat pasien terkait Covid-19.

“Jadi mereka merawat pasien di unit yang lain, bukan di unit Covid-19. Jadi ini yang lagi kami cepat telusuri,” beber Dandel.

Adapun, dengan ketambahan dua pasien positif, maka total akumulatif pasien positif Covid-19 di Sulut sebanyak 116 pasien, dimana 31 orang telah dinyatakan sembuh, tujuh orang meninggal, dan 78 orang sementara dalam perawatan di rumah sakit yang ada di Sulut. (Fernando Rumetor)

No More Posts Available.

No more pages to load.