Ratusan Warga Terjangkit, Virus Korona Telah Menyebar ke Hampir Semua Kabupaten/Kota di Sulut

oleh -
Dokter Steaven Dandel. (FOTO: Fernando Rumetor)

MANADO- Data hingga Rabu (20/5/2020) dari Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), 14 dari 15 kabupaten/kota di daerah ini sudah ada kasus positif korona.

Total kasus positif di Sulut sebanyak 150. 110 pasien sementara dirawat, 31 sembuh dan sembilan dinyatakan meninggal dunia.

Melihat banyaknya kasus pasien positif yang terus bertambah, Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel mengatakan bahwa pihaknya melakukan berbagai langkah cepat, salah satunya dengan memperluas pemeriksaan pasien dalam pengawasan (PDP) maupun yang rapid test-nya reaktif.

“Juga imbauan physical distancing dan social distancing belum pernah dihapuskan. Kita juga masih berada di dalam instruksi untuk melakukan pekerjaan dari rumah. Ini yang perlu penguatan dari Gugus Tugas Yang ada di Kabupaten/Kota,” tukas Dandel

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkesda Sulut itu berharap masyarakat tidak melonggarkan physical disatancing dan social diatancing, terlebih menyambut perayaan Idul Fitri yang akan datang.

Adapun dari data yang ada, hingga saat ini dari total akumulatif pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulut, Kota Manado masih menjadi penyumbang terbesar dengan total 88 kasus.

Berikut Rincian 150 Kasus Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Sulut:
1. Manado: 88 Kasus
2. Tomohon 16 Kasus
3. Minahasa 15 Kasus
4. Kotamobagu 9 Kasus
5. Minut 7 Kasus
6. Bitung 5 Kasus
7. Kep. Sangihe 2 Kasus
8. Bolmut 2 Kasus
9. Mitra 1 Kasus
10. Minsel 1 Kasus
11. Kep. Talaud 1 Kasus
12. Bolmong 1 Kasus
13. Boltim 1 Kasus
14. Bolsel 1 Kasus
15. Kep. Sitaro belum ada kasus

(Fernando Rumetor)