Tertinggi Attack Rate Covid-19 se-Sulut, Kota Manado Masuk Daerah Sangat Menonjol di Indonesia

oleh -
Potret penanganan pasien korona. (FOTO: Istimewa)

MANADO– Attack Rate atau jumlah kasus per 100.000 penduduk di 15 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menurut Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel, sangat bervariasi.

“Tetapi secara menonjol Kota Manado angkanya sangat tinggi, 136 kasus di dalam seratus ribu penduduk. Jadi setiap seratus ribu penduduk, di wilayah tersebut (Manado) terdapat 136 kasus Covid-19,” ujarnya saat konferensi video bersama wartawan, Selasa (23/6/2020).

Lanjut dia, angka tersebut Manado diikuti oleh Tomohon yang mencatatkan Attack Rate di angka 46.1 kasus Covid-19 di dalam seratus ribu penduduk serta Minahasa di angka 23.3.

“Minut 18.6, Kotamobagu 13, Bitung 9.5. Di Minut 7.5, kemudian diikuti Minsel 6.6, Bolsel 6, Talaud 5.4, Sangihe 4.6, Bolmut 3, demikian juga dengan Boltim 2.7, dan Bolmong sendiri 1.6 ” tukas Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkesda Sulut itu.

Ketika melihat angka ini, kata Dandel, baru bisa melihat secara nyata dan jelas bahwa secara epidemiologi, Kota Manado menjadi salah satu daerah di Indonesia dengan Attack Rate yang sangat menonjol. “Dengan Attack Rate yang sangat tinggi karena sudah ada di angka seratus per seratus ribu penduduk. Tentunya upaya-upaya yang harus kita lakukan bersama stackholder terkait di Pemkot Manado perlu digencarkan,” beber Dandel. (Fernando Rumetor)