Lab RS Swasta Ringankan Beban Gugus Tugas Covid-19 Sulut Periksa Sampel Swab

oleh -
(Ilustrasi: Istimewa)

MANADO- Semenjak merebaknya virus korona (Covid-19) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), banyak kendala yang kemudian dihadapi oleh Gugus Tugas Covid-19 Sulut. Salah satunya adalah banyaknya antrian untuk pemeriksaan sampel swab di beberapa laboratorium (lab) yang ada di Sulut.

Akhir-akhir ini, menurut Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel, pihaknya sangat terbantu dengan adanya pemeriksaan sampel swab yang dilakukan oleh beberapa rumah sakit (RS) swasta di Sulut yang bekerja sama dengan lab swasta yang ada di luar Sulut.

“Kehadiran teman-teman dari lab swasta itu turut meringankan beban dari lab PCR yang ada di Sulut, yang mana sampai hari ini jumlah yang diperiksa sudah sangat banyak, dan waktu tunggu sudah semakin jauh, semakin lebar,” ujarnya saat konferensi video bersama wartawan, Sabtu (27/6/2020).

Untuk pemeriksaan sampel swab di lab swasta sendiri, sebelumnya Dandel pernah mengatakan bahwa memang memerlukan biaya dari masyarakat sendiri, dimana pemeriksaan di lab swasta bukan ditunjukkan untuk public health seperti yang dilakukan oleh lab PCR BTKL-PP Manado serta Balai POM.

Di Sulut sendiri, kata Dandel, salah satu RS swasta yang telah memiliki jejaring pemeriksaan bersama lab swasta yang ada di luar Sulut yakni RS Siloam.

“RS Siloam Manado itu punya lab induk mereka yang ada di Tangerang. Artinya mereka bisa mengambil sampel swabnya kemudian hasilnya dikirim dari Tangerang,” tukas Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkesda Sulut itu.

“RS Wolter Mongisidi juga punya lab, apabila kemudian waktu antrian (sampel swab) di BTKL-PP (Manado) semakin lama, mereka juga sudah sebagian mengirimkan hasil sampel swab ke lab di RSPAD Gatot Soebroto,” jelasnya.

Selain itu juga, ada beberapa RS swasta yang sudah berupaya mengadakan alat pemeriksaan sampel swab, tetapi bukan alat PCR, melainkan alat TCM yang juga dapat mendiaknosa adanya materi genetik dari virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 ini.

“Lab tes cepat molekuler (TCM) dengan alat Gene Expert yang diadakan oleh salah satu RS swasta yang ada di Kota Manado. TCM ini lebih mudah daripada lab PCR karena semuanya sudah diotomatisasi dari mesin, sehingga keterlibatan manusia hanya untuk preparasi (penyiapan) sampel swab saja,” ungkapnya. (Fernando Rumetor)